kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tingkat pengangguran Jepang naik imbas pandemi Covid-19


Jumat, 28 Mei 2021 / 10:22 WIB
Tingkat pengangguran Jepang naik imbas pandemi Covid-19
ILUSTRASI. Jepang. ( The Yomiuri Shimbun )


Sumber: Reuters | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Tingkat pengangguran Jepang merayap naik dan ketersediaan pekerjaan merosot pada bulan April. Hal ini ditimbulkan oleh pertempuran berkepanjangan negara itu dengan COVID-19 pada perekonomian.

Data terpisah menunjukkan harga konsumen inti di Tokyo turun pada Mei, memperkuat ekspektasi inflasi akan tetap jauh di bawah target 2% bank sentral untuk saat ini.

Pemerintah sedang berupaya untuk memperpanjang keadaan darurat untuk memerangi pandemi sekitar tiga minggu hingga 20 Juni, kata seorang menteri kabinet pada hari Jumat, mengaburkan prospek pemulihan yang rapuh. 

Tingkat pengangguran Jepang naik menjadi 2,8% pada April dari 2,6% pada Maret, data pemerintah menunjukkan pada hari Jumat, melebihi perkiraan pasar rata-rata 2,7%. Rasio pekerjaan ke pelamar berdiri di 1,09, turun dari 1,10 bulan sebelumnya, yang juga merupakan perkiraan jajak pendapat Reuters.

Baca Juga: Jepang berencana memperpanjang keadaan darurat Covid-19 di Tokyo hingga 20 Juni

"Tawaran pekerjaan mungkin telah turun lagi pada Mei karena putaran ketiga deklarasi darurat. Itu selanjutnya dapat menahan pemulihan dalam pekerjaan," kata Tom Learmouth, seorang ekonom di Capital Economics.

"Tapi lebih jauh ke depan, kami masih mengharapkan pekerjaan dan angkatan kerja untuk kembali ke tingkat sebelum virus pada paruh kedua tahun ini karena vaksin memungkinkan ekonomi untuk kembali ke kesehatan penuh."

Harga konsumen inti di Tokyo, yang dianggap sebagai indikator utama angka nasional, turun 0,2% pada Mei dari tahun sebelumnya, data terpisah menunjukkan pada hari Jumat, sesuai dengan perkiraan pasar rata-rata.

Ekonomi Jepang menyusut pada kuartal pertama dan banyak analis memperkirakan rebound pada kuartal saat ini menjadi sederhana karena keadaan baru pembatasan darurat merugikan konsumsi.

Permintaan domestik yang lemah telah memicu kekhawatiran kembalinya deflasi bahkan ketika negara-negara besar lainnya melihat inflasi meningkat, membuat Bank of Japan di bawah tekanan untuk mempertahankan stimulus besar-besaran.

Perpanjangan yang diharapkan dari pembatasan keadaan darurat untuk memerangi COVID-19 meningkatkan kemungkinan BOJ akan mendorong kembali tenggat waktu September saat ini untuk paket langkah-langkah untuk meredam pukulan ekonomi dari krisis kesehatan.

Selanjutnya: Bursa Asia kompak naik menjelang akhir pekan




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×