kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45672,14   1,07   0.16%
  • EMAS916.000 -1,08%
  • RD.SAHAM 0.54%
  • RD.CAMPURAN 0.26%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.10%

Tingkatkan penjualan truk, produsen mobil Fiat Chrysler ingin produksi di Meksiko


Senin, 29 Oktober 2018 / 21:47 WIB
Tingkatkan penjualan truk, produsen mobil Fiat Chrysler ingin produksi di Meksiko
ILUSTRASI. Logo mobil FIAT

Berita Terkait

Sumber: Reuters | Editor: Narita Indrastiti

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Perusahaan mobil asal Italia, Fiat Chrysler Automobiles (FCA) telah menjadi pemain besar untuk pasar truk pickup di Amerika Serikat.

Dilansir dari Reuters, Senin (29/10), CEO FCA Mike Manley mengklaim FCA telah menjadi perusahaan ketiga terbesar yang menjual produk truk pickup secara massal.


Kesuksesan tersebut berkat strategi perusahaan menggunakan plafon Ram berukuran 1.500 dengan penambahan fitur-fitur baru mulai dari layar sentuh 12 inci di dasbor dan motor listrik. Dengan fitur tersebut bisa membantu penyesuaian kecepatan, roda gigi serta menghemat bahan bakar.

Dengan pencapaian tersebut, Manley mempertimbangkan kembali keputusan yang sempat diumumkan pada Januari untuk menghentikan pembuatan truk pickup di pabrik di Saltillo, Meksiko. Selain Meksiko, pabrik lain di Warren, Michigan juga memproduksi truk dengan plafon Ram lain, sehingga bisa memproduksi lebih banyak truk baru yang akan dijual belikan kepada Ford Motor atau General Motors.

Sejumlah pihak mengencam kebijakan Presiden AS Donald Trump yang memberlakukan tarif pajak sebesar 25% untuk perdagangan truk pickup buatan Meksiko awal tahun ini. Padahal, perusahaan telah berencana memproduksi kendaraan komersil di Saltillo, Meksiko ke depan.

Tahun 2017, pimpinan FCA, Sergio Marchionne telah mempertimbangkan kemungkinan perusahaan untuk memindahkan produksi pickup kelas heavy duty dari Saltillo, karena kebijakan pajak perdagangan AS yang memberatkan.

Sekarang Amerika Serikat, Meksiko dan Kanada memiliki perjanjian perdagangan tentatif dan tidak membebankan plafon pada pengiriman truk pickup ke Amerika Serikat dari Meksiko, asalkan mereka memenuhi ambang batas produk di kawasan tersebut.

“Dengan kombinasi bangunan di pabrik Warren dan Mexico untuk jenis truk klasik, kami memiliki cukup produksi untuk meningkatkan produksi tahun depan jika diperlukan. Kami memerlukan bagian itu tapi segmen ini sangat kompetitif,” ungkapnya.

Truk dengan plafon Ram dan Jeep telah mendukung bisnis otomotif di Amerika Utara, karena telah menyumbang 85% dari laba sebelum pajak FCA di kuartal kedua 2018. Dengan realisasi itu, perusahaan juga mengimbangi bisnis di wilayah Eropa dan China.


Tag

TERBARU

[X]
×