kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45845,71   -11,32   -1.32%
  • EMAS943.000 -0,32%
  • RD.SAHAM -0.29%
  • RD.CAMPURAN -0.05%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.07%

Tips sukses di berbagai hal dari Sang Peramal dari Omaha, Warren Buffett


Kamis, 24 Juni 2021 / 13:04 WIB
Tips sukses di berbagai hal dari Sang Peramal dari Omaha, Warren Buffett
ILUSTRASI. Tips sukses di berbagai hal dari Sang Peramal dari Omaha, Warren Buffett. REUTERS/Rick Wilking.

Penulis: Tiyas Septiana

KONTAN.CO.ID - Warren Buffett merupakan sosok panutan yang sukses di berbagai hal, mulai dari investasi, bisnis, hingga kehidupan sehari-harinya. 

Kehidupan Buffett tidak selalu berjalan mulus, ada masa di mana ia merasakan kegagalan. Yang menjadi menarik bukan pada kegagalannya, tetapi cara Buffett bangkit dari kegagalan.

Hal tersebut tidak lepas dari prinsip-prinsip yang selalu Warren Buffett anut. Prinsip ini bisa Anda contoh terlebih saat sedang mengalami kesulitan. 

Berikut rahasia Warren Buffet agar tetap sukses meskipun mengalami kesulitan yang dihimpun dari CNBC, Inc, dan Motley Fool:

  • Mengenal diri sendiri

Dalami apa yang menjadi kelemahan dan keunggulan Anda. Maksimalkan apa yang menjadi kelebihan Anda, dan hindari hal-hal yang menjadi kelemahan Anda.

Buffett mengatakan, Anda tidak perlu menjadi sangat mahir dalam berbagai bidang. Anda cukup pahami diri sendiri dan fokus pada hal-hal yang menjadi keunggulan Anda.

Buffett juga menambahkan jika penting bagi Anda agar paham dengan kelemahan Anda. Dengan tahu kelemahan diri, Anda bisa menghindari hal-hal yang merugikan diri sendiri.

Baca Juga: Bukan hanya varian baru, ini penyebab kasus positif Covid-19 di Indonesia melonjak

  • Disiplin mengelola emosi

Hal yang paling penting dan cukup sukar untuk dilakukan adalah mengolah emosi. Banyak orang yang tidak bisa menahan emosinya yang justru membuat mereka terjebak dalam kesulitan.

Dalam buku Getting There: A Book of Mentors, Warren Buffett mengatakan jika menjaga lisan saat emosi sedang tinggi adalah hal yang penting.

Warren Buffett menambahkan jika besar kemungkinan keputusan yang salah diambil saat emosi sedang tidak stabil. Pemilik Berkshire Hathaway ini menyarankan agar Anda bisa mengetahui dan paham dengan tingkatan emosi Anda.

Luangkan waktu untuk mendalami diri sendiri dan cari solusi pengendalian emosi yang sesuai untuk Anda. Peka dan paham dengan pergerakan emosi orang terdekat dapat membuat Anda bijak dalam mengambil sikap.

Pengendalian emosi yang baik menjadi kunci Anda bisa sukses berbagai aspek kehidupan salah satunya saat berbisnis. 

Baca Juga: Patut dicontoh, ini 5 kebiasaan para miliarder dunia yang membuat mereka sukses




TERBARU
Kontan Academy
Excel Master Class: Data Analysis & Visualisation Supply Chain Planner Development Program

[X]
×