kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

TPG siap caplok Fairfax US$ 1,6 miliar


Selasa, 09 Mei 2017 / 11:05 WIB
TPG siap caplok Fairfax US$ 1,6 miliar


Reporter: Yuwono Triatmodjo | Editor: Hendra Gunawan

SYDNEY. Sebuah konsorsium yang dipimpin perusahaan ekuitas besar Amerika Serikat (AS), TPG Capital, berencana mengakuisisi Fairfax Media Ltd. Fairfax merupakan merupakan konglomerasi penerbitan yang juga memiliki bisnis real estate di Australia.

Harga penawaran akuisisi yang diajukan TPG Capital bernilai A$ 2,2 miliar atau setara US$ 1,63 miliar. Seperti diberitakan media lokal Australia, Sydney Morning Herald, Senin (8/5), harga penawaran tersebut setara 95 sen dollar Australia. Harga ini sedikit lebih rendah dibandingkan harga penutupan perdagangan Fairfax akhir pekan lalu, Jumat (5/5), di level A$ 1,06 per saham.

Manajemen Fairfax menyatakan sedang mempertimbangkan penawaran TPG Capital tersebut. Hal itu diungkapkan Kepala Eksekutif Fairfax Media, Greg Hywood mengutip pernyataan jajaran manajemen Fairfax.

Dalam penjelasannya kepada otoritas bursa saham Australia alias Australian Securities Exchange (ASX), manajemen Fairfax menyebutkan bahwa dalam pertimbangannya, konsorsium hanya menghargai saham Domain Co, selaku pemilik Fairfax, senilai 25 sen hingga 30 sen dollar Australia per saham.

Demi mewujudkan rencana akuisisi tersebut, TPG saat ini tengah melengkapi sejumlah persyaratan untuk dapat menjadi pemilik Fairfax. Beberapa diantaranya berupa persetujuan dari pemegang saham Fairfax beserta restu dari lembaga penanaman modal asing setempat.

Meski belum mengambil keputusan, Hywood menegaskan, jajaran direksi Fairfax yakin bahwa perusahaan ini memiliki masa depan yang sangat menarik. "Perusahaan ini memiliki posisi yang baik untuk terus memberikan keuntungan bagi pemilik saham," terang Hywood.

Di pihak lain, UBS memberikan pandangan, nilai yang ditawarkan TGP Capital beserta kelompoknya masih terlalu mini. Penawaran yang diajukan konsorsium terkesan terlalu oportunis dan menawarkan harga di posisi terendah. "Kami mempertanyakan, apakah proposal TPG telah memberikan premi yang cukup baik?" tulis Eric Choi, analis UBS dalam analisis hariannya.

Hingga akhir tahun lalu, Domain Co mampu mencetak laba sebesar A$ 115 juta. Jumlah tersebut telah sesuai dengan prediksi dari hasil survei analis.




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×