kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45670,77   -28,01   -4.01%
  • EMAS926.000 0,22%
  • RD.SAHAM -0.69%
  • RD.CAMPURAN -0.34%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

Trump: Langkah ECB memangkas suku bunga berdampak ke AS, tapi The Fed hanya duduk


Kamis, 12 September 2019 / 20:43 WIB
Trump: Langkah ECB memangkas suku bunga berdampak ke AS, tapi The Fed hanya duduk
ILUSTRASI. Presiden AS Donald Trump bersama Presiden Prancis Emmanuel Macron

Reporter: SS. Kurniawan | Editor: S.S. Kurniawan

KONTAN.CO.ID - WASHINGTON. Langkah Bank Sentral Eropa (ECB) memangkas suku bunga dan memulai kembali program stimulus yang lebih besar menarik reaksi cepat dari Gedung Putih. Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengatakan, kebijakan ECB itu sudah mengurangi nilai dolar dan "menyakiti" ekspor negeri uak Sam.

“Bank Sentral Eropa bertindak cepat, memotong suku bunga 10 basis poin. Mereka mencoba, dan berhasil, dalam mendepresiasi euro terhadap dolar AS yang SANGAT kuat, merugikan ekspor AS. Dan, The Fed duduk, dan duduk, dan duduk. Mereka dibayar untuk meminjam uang, sementara kami membayar bunga!,” kicau Trump dalam akun Twitter-nya, sekitar setengah jam setelah pengumuman kebijakan ECB, Kamis (12/9), seperti dilansir Reuters.

Baca Juga: Rekor terendah, Bank Sentral Eropa pangkas suku bunga deposito jadi minus 0,5%

Sesuai proyeksi, ECB akhirnya memangkas suku bunga deposito sebesar 10 basis poin (bsp) menjadi -0,5%. Ini merupakan rekor terendah.

Selain itu, ECB akan kembali melakukan pembelian obligasi sebesar 20 miliar euro per bulan mulai November nanti.

"Dewan Pemerintahan mengharapkan (pembelian obligasi) berjalan selama diperlukan untuk memperkuat dampak akomodatif dari kebijakan suku bunga, dan untuk mengakhiri sesaat sebelum mulai menaikkan suku bunga ECB," kata ECB dalam pernyataan tertulis hari ini seperti dikutip Reuters.

Baca Juga: Donald Trump minta bunga The Fed jadi negatif, ini plus minusnya

Bukan cuma itu, ECB juga meringankan persyaratan pinjaman jangka panjang kepada bank, dan menerapkan suku bunga deposito berjenjang untuk membantu perbankan.

Ekonom yang Reuters survei sebelumnya memperkirakan, penurunan suku bunga deposito 10 basis poin dan pemberlakukan suku bunga deposito berjenjang untuk mendukung bank.




TERBARU

Close [X]
×