kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Trump pecat Menteri Pertahanan AS Mark Esper enam hari pasca pemilu


Selasa, 10 November 2020 / 09:47 WIB
Trump pecat Menteri Pertahanan AS Mark Esper enam hari pasca pemilu
ILUSTRASI. Trump pecat Menteri Pertahanan Mark Esper 6 hari pasca pemilu


Sumber: CBSNews | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - WASHINGTON. Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump memecat Menteri Pertahanan Mark Esper melalui Twitter pada hari Senin (9/11). Keputusan itu diambil kurang dari seminggu setelah pemilihan.

Pemecatan itu dilakukan berbulan-bulan setelah perselisihan publik mengenai penempatan pasukan AS di tanah Amerika untuk memadamkan protes.

"Mark Esper telah diberhentikan," tulis Tuan Trump. "Saya ingin berterima kasih atas jasanya."

Kepala staf Gedung Putih Mark Meadows menelepon Esper pada hari Senin sesaat sebelum tweet presiden untuk memberi tahu dia bahwa dia dipecat, seorang pejabat pertahanan mengatakan kepada CBS News.

Baca Juga: Tangkal serangan China, Amerika siap kerahkan rudal di kawasan Indo-Pasifik

Trump mengatakan di Twitter bahwa dia akan menempatkan Christopher Miller, kepala Pusat Kontra Terorisme Nasional, sebagai penjabat Menteri Pertahanan yang baru, yang akan segera berlaku. Miller terlihat memasuki Pentagon Senin sore.

Tokoh Demokrat terkemuka di Kongres memprotes pemecatan Esper,. Ketua DPR Nancy Pelosi menyebut langkah tersebut bukti yang mengganggu bahwa Trump bermaksud menggunakan hari-hari terakhirnya untuk menabur kekacauan dalam demokrasi Amerika dan di seluruh dunia.

"Kontinuitas dan stabilitas selalu penting selama transisi kepresidenan; itu sangat penting pada saat ini, karena pemerintahan yang secara historis tidak menentu ini mempersiapkan kepergiannya," kata Pelosi dalam sebuah pernyataan.

Dalam sepucuk surat kepada departemennya yang tidak menyebut Trump sekali pun, Esper mengatakan "suatu kehormatan dan hak istimewa seumur hidup untuk melayani bersama Anda sebagai Menteri Pertahanan AS ke-27".

Baca Juga: Ada rumor AS akan serang Laut China Selatan dengan drone, ini jawaban Pentagon

"Sementara saya menyingkir karena mengetahui masih banyak lagi yang bisa kita capai bersama untuk memajukan keamanan nasional Amerika, ada banyak hal yang dicapai pada saat kita harus meningkatkan kesiapan, kemampuan, dan profesionalisme pasukan gabungan, sambil secara fundamental mengubah dan mempersiapkannya untuk masa depan, "tulis Esper.

Esper tidak disukai Trump beberapa bulan lalu, dan laporan telah beredar selama beberapa minggu bahwa Trump bersiap untuk memecatnya setelah pemilihan. Laporan NBC News pekan lalu bahwa Esper telah menyiapkan surat pengunduran diri memicu penolakan oleh Pentagon, dengan seorang juru bicara mengatakan dia tidak berencana untuk mundur.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×