kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45999,83   6,23   0.63%
  • EMAS1.199.000 0,50%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Trump: Perundingan dagang AS dan China berjalan dengan sangat baik


Sabtu, 20 Juli 2019 / 06:20 WIB
Trump: Perundingan dagang AS dan China berjalan dengan sangat baik


Sumber: Reuters | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - WASHINGTON. Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengatakan Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin telah melakukan pembicaraan yang sangat baik dengan mitranya di China, di tengah isyarat dari China bahwa para pejabat dapat segera bertemu dalam upaya mengakhiri perang dagang selama setahun belakangan.

Mengutip Reuters, pada pejabat dari kedua negara dengan ekonomi terbesar di dunia itu melakukan pembicaraan lewat sambungan telepon pada Kamis (18/7) dan Menteri Keuangan Steven Mnuchin mengatakan perundingan bisa segera diikuti.

"Menteri Keuangan Mnuchin melakukan pembicaraan lewat telepon dengan mitranya di China. Mereka melakukan pembicaraan yang sangat baik," kata Trump di Gedung Putih seperti dikutip Reuters.

Trump mengatakan data output ekonomi terburuk China dalam hampir tiga dekade dapat mendorong pembicaraan perdagangan ke depan.

"Kami berurusan dengan China, mereka tidak melakukannya dengan baik. Mereka ada dalam tahun terburuk yang pernah dialami daam 27 tahun. Sedangkan kami memiliki tahun terbaik yang pernah kami miliki," kata Trump. "Mari lihat apa yang terjadi."

Data ekonomi China yang dirilis pekan ini menunjukkan output industri dan data ritel mengalahkan ekspektasi, tetapi pertumbuhan ekonomi negara itu melambat menjadi 6,2% dari tahun sebelumnya. Ini merupakan laju pertumbuhan yang terlemah sejak 27 tahun.

AS dan China terlibat perang tarif yang ketat sejak Juli 2018, ketika AS menekan China untuk mengatasi praktek perdagangan yang tidak adil dan ilegal selama berpuluh-puluh tahun.

China membantah bahwa kesepakatan apapun harus adil dan merata, membuat kesepakatan antara kedua belah pihak masih jauh dari angan-angan untuk mengakhiri perang dagang.

Kedutaan besar China di Washington dan Kantor Perwakilan Dagang AS tak segera mengomentari kemungkinan pertemuan langsung.

Kedutaan China lewat cuitannya di Twitter mengatakan, Wakil Perdana Menteri China Liu He dan Menteri Perdagangan Zhong Shan berbicara lewat telepon dengan Mnuchin dan Robert Lighthizer pada Kamis mengenai konsultasi lebih lanjut serta implementasi konsensus Presiden yang dicapai di Osaka.

Trump dan Presiden Cina Xi Jinping selama KTT G20 di Osaka sepakat untuk melanjutkan perundingan dagang, mengurangi kekhawatiran dan meningkatkannya setelah sempat terhenti pada Mei.

Dalam KTT G20, Trump setuju untuk menunda pemberlakuan tarif baru kepada barang-barang asal China senilai US$ 300 miliar, di tengah  berlanjutnya negosiasi perdagangan. 




TERBARU

[X]
×