CLOSE [X]
kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |

Trump sambut baik pengecualian tarif beberapa produk AS oleh China


Kamis, 12 September 2019 / 07:31 WIB

Trump sambut baik pengecualian tarif beberapa produk AS oleh China
ILUSTRASI. Pertemuan Presiden AS Donald Trump dengan Presiden China Xi Jinping saat KTT G20


KONTAN.CO.ID - WASHINGTON/BEIJING. Presiden AS Donald Trump menyambut baik keputusan China mengecualikan beberapa obat anti-kanker AS dan barang-barang lain dari tarifnya.

Pengecualian Beijing dan penundaan Washington datang berhari-hari menjelang pertemuan terencana yang bertujuan meredakan perang dagang antara dua ekonomi terbesar dunia.

Baca Juga: Sentil lagi The Fed, Trump minta bunga dipangkas menjadi nol atau negatif

Keputusan China untuk membebaskan beberapa barang AS adalah "langkah besar" oleh Beijing dan sikap positif sebelum perunding perdagangan dari kedua negara bertemu di Washington, Trump mengatakan kepada wartawan di Gedung Putih.

China pada hari Rabu mengumumkan pembebasan tarif batch pertama untuk 16 jenis produk AS, termasuk beberapa obat anti-kanker dan pelumas, serta bahan-bahan pakan ternak dan tepung ikan, menurut pernyataan Kementerian Keuangan di situs webnya.

"Mereka membuat beberapa gerakan ... itu cukup bagus," kata Trump. "Saya pikir itu isyarat, oke? Tapi itu adalah langkah besar."

Pada hari Rabu, Trump menulis dalam sebuah posting di Twitter bahwa Amerika Serikat telah sepakat untuk menunda kenaikan tarif impor China senilai US$ 250 miliar dari 1 Oktober hingga 15 Oktober "sebagai isyarat niat baik." Tarif akan ditetapkan meningkat menjadi 30% dari 25% pada barang.

Baca Juga: Trump setuju menunda kenaikan tarif produk China

Trump mengatakan dia berharap untuk mencapai kesepakatan perdagangan dengan China setelah lebih dari setahun pertukaran tarif yang telah mengguncang pasar global.

"Saya berurusan dengan mereka dan saya tahu mereka dan saya suka mereka," katanya. "Kuharap kami bisa melakukan sesuatu."

Perwakilan perdagangan kedua pihak akan bertemu di Washington pada pertengahan September, dengan pembicaraan tingkat menteri akan dilanjutkan pada Oktober. Tanggal pasti untuk pertemuan belum dirilis.

Gerakan itu mungkin meredakan ketegangan menjelang negosiasi, tetapi beberapa analis tidak melihatnya sebagai sinyal bahwa kedua belah pihak sedang mempersiapkan kesepakatan.

"Pengecualian itu dapat dilihat sebagai isyarat keikhlasan terhadap AS menjelang perundingan pada Oktober, tetapi mungkin lebih merupakan sarana untuk mendukung ekonomi," tulis ekonom ING Cina Besar Tiongkok Iris Pang dalam sebuah catatan.

Baca Juga: Sejumlah aktivis mendesak Bos Amazon, Jeff Bezos membeli hutan Amazon

"Masih ada banyak ketidakpastian dalam pembicaraan perdagangan mendatang. Daftar pengecualian hanya 16 item tidak akan mengubah sikap China," katanya.


Sumber : Reuters
Editor: Hasbi Maulana
Video Pilihan

Hubungi Kami
Redaksi : Gedung KONTAN,
Jalan Kebayoran Lama No. 1119 Jakarta 12210.
021 5357636/5328134
moderator[at]kontan.co.id
Epaper[at]kontan.co.id
Iklan : Gedung KOMPAS GRAMEDIA Unit 2
Lt 2 Jl. Palmerah selatan 22-28
Jakarta Selatan 10740.
021 53679909/5483008 ext 7304,7306
2019 © Kontan.co.id All rights reserved
Sitemap | Profile | Term of Use | Pedoman Pemberitaan Media Siber | Privacy Policy

diagnostic_api_kiri = 0.0013 || diagnostic_api_kanan = 0.0024 || diagnostic_web = 0.2030

Close [X]
×