kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Trump telah memberi lampu hijau untuk melakukan transisi pemerintahan kepada Biden


Selasa, 24 November 2020 / 13:08 WIB
Trump telah memberi lampu hijau untuk melakukan transisi pemerintahan kepada Biden
ILUSTRASI. Presiden AS Donald Trump. REUTERS/Carlos Barria


Sumber: Reuters | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - WASHINGTON / WILMINGTON. Setelah berminggu-minggu menunggu, pemerintahan Presiden Donald Trump pada hari Senin membuka jalan bagi Presiden terpilih Joe Biden untuk bertransisi ke Gedung Putih, memberinya akses ke briefing dan pendanaan.

Trump, telah menuduh adanya kecurangan dalam pemilihan presiden pada 3 November tanpa memberikan bukti. Meskipun dia tidak mengakui atau mengakui kemenangan saingan Demokratnya pada hari Senin, pengumuman Trump bahwa stafnya akan bekerja sama dengan Biden mewakili perubahan yang signifikan dan merupakan hal yang paling mendekati dia untuk mengakui kekalahan.

Biden memenangkan 306 suara elektoral negara bagian, lebih dari 270 suara yang dibutuhkan untuk menang, dibandingkan dengan 232 suara Trump. Biden juga memimpin lebih dari 6 juta suara dalam pemilihan umum nasional.

Upaya hukum kampanye Trump untuk membatalkan pemilu hampir seluruhnya gagal di negara-negara medan pertempuran utama, dan semakin banyak pemimpin Partai Republik, eksekutif bisnis, dan pakar keamanan nasional mendesak presiden untuk membiarkan transisi dimulai.

Presiden terpilih telah mulai menunjuk anggota timnya, termasuk menunjuk asisten tepercaya Antony Blinken untuk memimpin Departemen Luar Negeri, tanpa menunggu pendanaan pemerintah atau konsesi Trump. 

Baca Juga: Menteri Israel: Diam-diam, Netanyahu bertemu dengan putra mahkota Saudi

Pada hari Senin, Administrasi Layanan Umum, agen federal yang harus menandatangani transisi kepresidenan, mengatakan kepada Biden bahwa dia dapat secara resmi memulai proses penyerahan. 
Administrator GSA Emily Murphy mengatakan dalam sebuah surat bahwa Biden akan mendapatkan akses ke sumber daya yang telah ditolaknya karena tantangan hukum yang berusaha untuk membatalkan kemenangannya.

Itu berarti tim Biden sekarang akan memiliki dana federal dan kantor resmi untuk melakukan transisinya sampai dia menjabat pada 20 Januari. Itu juga membuka jalan bagi Biden dan Wakil Presiden terpilih Kamala Harris untuk menerima pengarahan keamanan nasional reguler yang juga didapat Trump.

Pengumuman GSA datang tak lama setelah pejabat Michigan mensertifikasi Biden sebagai pemenang di negara bagian mereka, membuat upaya hukum Trump untuk mengubah hasil pemilu semakin tidak mungkin berhasil.

Trump dan penasihatnya mengatakan dia akan terus mengejar jalan hukum, tetapi keputusannya untuk memberi Murphy lampu hijau untuk melanjutkan transisi pemerintahan Biden.

Selanjutnya: AS dukung Filipina lindungi kedaulatan di Laut China Selatan, China bisa marah




TERBARU

[X]
×