Tuding Sebarkan Virus Corona, Adik Kim Jong Un Akan Balas Korea Selatan

Sabtu, 13 Agustus 2022 | 08:03 WIB Sumber: Kompas.com
Tuding Sebarkan Virus Corona, Adik Kim Jong Un Akan Balas Korea Selatan

ILUSTRASI. Tuding Sebarkan Virus Corona, Adik Kim Jong Un Akan Balas Korea Selatan


KONTAN.CO.ID - Pyongyang.  Adik Pemimpin Tertinggi Korea Utara, Kim Jong Un yaitu Kim Yo Jong pada Kamis (11/8/2022) menuduh Korea Selatan menyebabkan wabah Covid-19 di Korea Utara. Kim Yo Jong juga memperingatkan akan ada pembalasan.

Kantor berita Pemerintah Korea Utara KCNA melaporkan, Kim Yo Jong menuding bahwa tindakan Korsel itu kejahatan terhadap kemanusiaan. Dia mengatakan, banyak negara--dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO)--mengakui bahaya penyebaran penyakit menular melalui kontak dengan benda-benda yang terkontaminasi, menurut laporan itu.

"Sangat mengkhawatirkan bahwa Korea Selatan mengirim selebaran, uang, brosur, dan barang-barang ke wilayah kami," katanya dikutip dari kantor berita AFP.

Kim Yo Jong juga memperingatkan, Korea Utara sedang mempertimbangkan tanggapan pembalasan yang kuat seraya menambahkan, jika pengiriman barang terus berlanjut, "Kami akan merespons dengan memberantas tidak hanya virusnya, tetapi juga otoritas Korea Selatan."

Baca Juga: UPDATE Covid-19 Indonesia, 12 Agustus: Tambah 6.091 Kasus Baru, Meninggal 18

Korsel bulan lalu mengatakan, "Tidak ada kasus infeksi Covid yang diverifikasi secara resmi melalui pos atau materi".

Komentar Kim Yo Jong diucapkan saat Kim Jong Un menyatakan kemenangan gemilang dalam pertempuran melawan Covid-19, setelah para pejabat melaporkan tidak ada kasus baru selama hampir dua minggu.

WHO prediksi Covid-19 Korea Utara semakin parah. Pasalnya, Korea Utara memiliki salah satu sistem perawatan kesehatan terburuk di dunia.

Peralatan rumah sakitnya tidak lengkap, hanya ada sedikit unit perawatan intensif, dan tidak ada obat atau vaksin perawatan Covid-19, kata para ahli.

Bahkan Kim Jong Un diduga menderita Covid, menurut komentar Kim Yo Jong. Kim Jong Un "mengalami demam tinggi selama hari-hari perang karantina ini, tetapi dia tidak bisa berbaring sejenak karena memikirkan orang-orang yang menjadi tanggung jawabnya," kata Kim Yo Jong.

Korea Utara memilih kata “demam” dan bukan pasien virus corona karena kurangnya peralatan pengujian, sebagaimana dilansir BBC.

Korea Utara baru mengumumkan kasus Covid-19 pertamanya pada Mei dan telah melaporkan sejumlah kasus demam dan kematian sejak saat itu.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Adik Kim Jong Un Tuduh Korsel Sebar Covid-19 ke Korea Utara, Kim Yo Jong Akan Balas",

Penulis : Aditya Jaya Iswara
Editor : Aditya Jaya Iswara

 

Editor: Adi Wikanto

Terbaru