kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.306.000 -0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tuntutan Hamas: Gencatan Senjata 135 Hari, Israel Mundur, dan Akhiri Perang


Rabu, 07 Februari 2024 / 17:08 WIB
Tuntutan Hamas: Gencatan Senjata 135 Hari, Israel Mundur, dan Akhiri Perang
ILUSTRASI. Asap mengepul selama operasi darat Israel di Khan Younis, ketika konflik berlanjut antara Israel dan kelompok Islam Palestina Hamas, terlihat dari Rafah, selatan Jalur Gaza, 22 Januari 2024. REUTERS/Ibraheem Abu Mustafa


Sumber: Reuters | Editor: Syamsul Azhar

KONTAN.CO.ID - DOHA - Pejuang kemerdekaan Palestina Hamas telah mengusulkan rencana gencatan senjata yang akan meredam senjata di Gaza selama empat setengah bulan. Selain itu semua sandera baik di pihak Hamas maupun Israel akan dibebaskan. Hamas juga menuntut Israel segera menarik pasukannya dari Jalur Gaza, dan kesepakatan akan dicapai untuk mengakhiri perang.

Usulan kelompok pejuang kemerdekaan Palestina ini sebagai tanggapan terhadap tawaran yang dikirim pekan lalu oleh mediator Qatar dan Mesir. Usulan tersebut muncul di tengah dorongan diplomatik terbesar untuk menghentikan pertempuran, dan disambut dengan harapan dan lega di Jalur Gaza.

Belum ada tanggapan publik langsung dari Israel, yang sebelumnya telah mengatakan tidak akan menarik diri bersama pasukannya yang sudah ada di Gaza sampai tujuan memberantas pejuang Hamas tercapai.

Menurut dokumen draf yang dilihat oleh Reuters, kontrausulan Pejuang Hamas memvisualisasikan tiga tahap gencatan senjata, masing-masing berlangsung selama 45 hari. Militan akan menukar sandera Israel yang tersisa yang mereka tangkap pada 7 Oktober dengan tahanan Palestina. Rekonstruksi Gaza akan dimulai, pasukan Israel akan menarik diri sepenuhnya, dan jenazah serta sisa-sisa akan ditukar.

Baca Juga: Mediator Gaza Mencari 'Formula Terakhir' Gencatan Senjata Israel vs Hamas

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken tiba semalam di Israel setelah bertemu dengan pemimpin mediator Qatar dan Mesir dalam dorongan diplomatik terberat perang ini yang bertujuan mencapai gencatan senjata yang diperpanjang.

Sumber yang dekat dengan negosiasi mengatakan kontrausulan pejuang Hamas tidak memerlukan jaminan gencatan senjata permanen pada awalnya, tetapi akhir perang harus disepakati selama gencatan senjata sebelum sandera terakhir dibebaskan.

Menurut dokumen tersebut, selama fase pertama 45 hari, semua sandera wanita Israel, pria di bawah 19 tahun, serta lansia dan sakit akan dibebaskan, sebagai imbalan atas pembebasan wanita dan anak-anak Palestina dari penjara Israel. Israel juga akan menarik pasukannya dari area berpenduduk selama fase pertama.

Implementasi fase kedua tidak akan dimulai hingga kedua belah pihak menyelesaikan "perbincangan tidak langsung tentang persyaratan yang diperlukan untuk mengakhiri operasi militer saling-menyaling dan kembali ke ketenangan total".

Baca Juga: Militer AS Ingin Bantu Senjata & Amunisi Israel Melawan Hamas, Ternyata Duitnya Cekak

Fase kedua akan mencakup pembebasan sandera pria yang tersisa dan "penarikan pasukan Israel di luar batas semua wilayah Jalur Gaza".

Jenazah dan sisa-sisa akan ditukar selama fase ketiga. Gencatan senjata juga akan meningkatkan aliran makanan dan bantuan lainnya kepada warga sipil Gaza yang putus asa, yang menghadapi kelaparan dan kekurangan pasokan dasar.

"Masyarakat optimis, pada saat yang sama mereka berdoa agar harapan ini menjadi kesepakatan nyata yang akan mengakhiri perang," kata Yamen Hamad, seorang ayah empat anak, tinggal di sekolah PBB di Deir Al-Balah di Jalur Gaza tengah.

"Masyarakat menantikan kabar gencatan senjata, mereka agak berharap meskipun bombardir terus berlanjut," katanya kepada Reuters melalui aplikasi pesan singkat.

Israel memulai serangan militernya di Gaza setelah militan dari Gaza yang dikuasai Pejuang Hamas membunuh 1.200 orang dan menawan 253 sandera di selatan Israel pada 7 Oktober. Kementerian Kesehatan Gaza mengatakan setidaknya 27.585 warga Palestina telah dikonfirmasi tewas dalam kampanye militer Israel, dengan ribuan lainnya diperkirakan tertimbun di bawah puing-puing.




TERBARU
Kontan Academy
Practical Business Acumen Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×