kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Twitter Bill Gates, Bezos, Obama, Biden, Musk diretas, ini cara mengamankan akun Anda


Kamis, 16 Juli 2020 / 14:08 WIB
Twitter Bill Gates, Bezos, Obama, Biden, Musk diretas, ini cara mengamankan akun Anda
ILUSTRASI. Tangkapan layar beberapa akun Twitter tokoh dunia yang diretas


Reporter: Ahmad Febrian | Editor: Ahmad Febrian

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Netizen global terkejut. Saat Bill Gates, Barrack Obama, Jeff Bezos dan Elon Musk. Joe Biden melalui menulis hal yang hampir sama di akun Twitter mereka. Tokoh-tokoh  dunia itu meminta  sejumlah nominal  uang kripto Bitcoin dan berjanji akan mengirimkan balik dua kali lipat.

Kejadian ini ternyata banyak dialami oleh akun-akun ternama dengan profil twitter sudah verified atau memiliki centang warna biru. Tidak hanya akun-akun ternama, berbagai akun mata uang kripto juga mengalami hal serupa. Twitter langsung melakukan langkah cepat dengan menonaktifkan fungsi twit atau menuliskan postingan pada akun verified.

Dalam keterangan tertulis Kamis (16/7), pakar keamanan siber, Pratama Persadha menjelaskan, peristiwa ini sangat berbahaya.  Mungkin bisa disebut sebagai zero day exploit bagi Twitter. Celah keamanan yang dimanfaatkan peretas berdampak cukup massif dan sangat berbahaya.

Dugaan Pratama, sang peretas satu pihak. Kemungkinan besar ada celah keamanan yang dieksploitasi oleh peretas. "Bisa dari aplikasi pihak ketiga atau lainnya. Artinya bila celah keamanan ini disebarluaskan, korban bisa bertambah. Dan di Indonesia juga bisa terkena dampaknya,” jelas Chairman Lembaga Riset Siber Indonesia Communication & Information System Security Research Center (CISSReC).

Lalu bagaimana cara mengamankan akun Twitter dari ancaman serangan siber? 




TERBARU
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

[X]
×