kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45892,72   -3,94   -0.44%
  • EMAS1.368.000 0,37%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ubah Wasiat, Tak Ada Sumbangan untuk Yayasan Bill Gates Pasca Warren Buffett Wafat


Senin, 01 Juli 2024 / 08:23 WIB
Ubah Wasiat, Tak Ada Sumbangan untuk Yayasan Bill Gates Pasca Warren Buffett Wafat
ILUSTRASI. berencana untuk menyumbangkan sebagian besar kekayaannya ke dalam sebuah yayasan amal baru yang dikelola oleh ketiga anaknya. Photo by Daniel Zuchnik/WireImage


Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - Warren Buffett akan menjadikan filantropi sebagai kegiatan di akhir hidupnya. Baru-baru ini, Buffett mengubah surat wasiatnya. 

Mengutip Business Insider yang melansir The Wall Street Journal, CEO Berkshire Hathaway ini berencana untuk menyumbangkan sebagian besar kekayaannya ke dalam sebuah yayasan amal baru yang dikelola oleh ketiga anaknya.

Saat ini, Warren memiliki hampir US$ 130 miliar dalam saham Berkshire.

"Saya merasa sangat, sangat yakin dengan nilai-nilai yang dianut oleh ketiga anak saya, dan saya percaya 100% bahwa mereka akan melaksanakannya," kata investor legendaris ini.

Setelah kematiannya, Susie, Howie, dan Peter Buffett harus memutuskan dengan suara bulat penggunaan filantropi terbaik untuk kekayaan ayah mereka yang sangat besar. 

Menurut WSJ, masing-masing dari mereka sudah bertanggung jawab atas yayasan mereka sendiri.

Susie Buffett mengepalai Sherwood Foundation yang berorientasi pada pendidikan dan keadilan sosial, dan Susan Thompson Buffett Foundation, yang berfokus pada hak-hak reproduksi.

Baca Juga: Warren Buffett Jabarkan Alasan Mengapa Orang Miskin Susah Jadi Orang Kaya

Howie Buffett mengepalai Howard G. Buffett Foundation, yang bergerak di bidang ketahanan pangan dan penanggulangan konflik dan perdagangan manusia.

Peter Buffett dan istrinya bertanggung jawab atas NoVo Foundation. Organisasi ini memimpin beberapa proyek, termasuk bekerja dengan kelompok-kelompok masyarakat adat.

"Saya suka berpikir bahwa saya dapat berpikir di luar kotak, tetapi saya tidak yakin apakah saya bisa berpikir di luar kotak ketika berada 6 kaki di bawah permukaan dan melakukan pekerjaan yang lebih baik daripada tiga orang yang ada di permukaan yang saya percayai sepenuhnya," kata Buffett. 

Buffett tidak mengarahkan anak-anaknya tentang bagaimana menggunakan dana tersebut.

Baca Juga: Gaya Hidup yang Membedakan Warren Buffett dengan Miliarder Lainnya

Sejak 2006, miliarder berusia 93 tahun ini telah menyumbangkan dana ke empat yayasan yang dikelola oleh anak-anaknya, serta Bill & Melinda Gates Foundation Trust.

Praktik ini akan terus berlanjut hingga dia meninggal. 

Salah satu perubahan penting wasiat Buffett lainnya adalah sumbangan untuk yayasan Bill & Melinda Gates akan dihentikan.

"Gates Foundation tidak akan mendapatkan dana setelah kematian saya," katanya kepada WSJ. 

Hingga tahun 2021, ia menjabat sebagai wali amanat Gates Foundation.

Ini tahun ke-18 tahun sejak Buffett mulai melakukan donasi. Buffett telah menyumbangkan 5% dari saham Berkshire yang tersisa setiap tahunnya. 

Untuk mendanai putaran donasi terbarunya, Berkshire mengumumkan bahwa Buffett mengonversi 8.674 saham Kelas A Berkshire menjadi saham Kelas B.

Selanjutnya: Cuan Obligasi Lebih Gurih di Semester II

Menarik Dibaca: Tips dan Trik Main Free Fire Pakai Tecno POVA 6




TERBARU

[X]
×