kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.440.000   -4.000   -0,28%
  • USD/IDR 15.339   1,00   0,01%
  • IDX 7.829   -2,64   -0,03%
  • KOMPAS100 1.196   2,88   0,24%
  • LQ45 970   3,33   0,34%
  • ISSI 228   0,02   0,01%
  • IDX30 495   1,66   0,34%
  • IDXHIDIV20 597   3,35   0,56%
  • IDX80 136   0,44   0,33%
  • IDXV30 140   0,56   0,40%
  • IDXQ30 166   1,10   0,67%

UEA Akan Hidupkan Lagi Perjanjian Pembelian Jet Tempur F-35 kalau Donald Trump Menang


Minggu, 15 September 2024 / 05:47 WIB
UEA Akan Hidupkan Lagi Perjanjian Pembelian Jet Tempur F-35 kalau Donald Trump Menang
ILUSTRASI. Jika Donald Trump menang, UEA akan hidupkan kembali kesepakatan pembelian pesawat tempur F-35 dan drone bersenjata.


Sumber: Reuters | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - DUBAI. Uni Emirat Arab (UEA) tengah memperkuat sistem persenjataannya.

UEA akan berupaya menghidupkan kembali kesepakatan bernilai miliaran dolar dengan Amerika Serikat (AS) untuk pembelian pesawat tempur F-35 dan drone bersenjata jika Donald Trump memenangkan masa jabatan kedua sebagai presiden pada bulan November nanti.

UEA telah lama mencari jet tempur tercanggih, yang dibangun dengan teknologi siluman yang memungkinkannya menghindari deteksi musuh. Jika AS menyetujui transfer tersebut, UEA akan menjadi negara Timur Tengah kedua setelah Israel yang mengoperasikan jet tempur F-35.

Trump telah menandatangani kesepakatan tersebut pada hari-hari terakhir masa jabatannya sebagai presiden pada tahun 2021, tetapi UEA menangguhkan pembicaraan pada akhir tahun karena tidak dapat menyetujui persyaratan dengan pemerintahan Biden.

Tiga sumber Reuters mengatakan, jika Trump terpilih kembali, UEA akan berusaha melanjutkan pembicaraan, meminta pemerintahan Trump yang baru untuk memenuhi perjanjian awal.

Baca Juga: Pengusaha Mark Cuban Sebut Donald Trump akan Menjadi Presiden yang Buruk

Salah satu sumber mengatakan UEA akan meminta pemerintahan Trump yang baru untuk "menghormati" kesepakatan tahun 2021.

Trump menyetujui kesepakatan senilai $23 miliar, yang mencakup drone dan amunisi MQ-9 Reaper, setelah UEA menjalin hubungan dengan Israel pada tahun 2020 berdasarkan kesepakatan yang ditengahi oleh pemerintahannya.

Itu menjadikan UEA sebagai negara Arab paling terkemuka yang menjalin hubungan diplomatik dengan Israel dalam 30 tahun dan memberi Trump pencapaian kebijakan luar negeri yang signifikan hanya beberapa bulan sebelum pemilihan yang akhirnya dikalahkannya Joe Biden.

Namun setelah berbulan-bulan berdiskusi, UEA mengumumkan pada Desember 2021 bahwa mereka telah menangguhkan pembicaraan F-35 dengan pemerintahan Biden, dengan alasan "pembatasan operasional kedaulatan", di antara alasan lainnya.

Pemerintah Biden menanggapi, dengan mengatakan bahwa mereka siap untuk melangkah maju. Proses tersebut masih tertunda.

Ketika ditanya apakah UEA akan meminta pemerintahan Trump kedua untuk memenuhi kesepakatan F-35, seorang pejabat UEA tidak secara langsung membantah atau mengonfirmasi klaim tersebut dan sebaliknya mengatakan Abu Dhabi telah memupuk hubungan kelembagaan dan kemitraan yang langgeng dengan Washington di beberapa pemerintahan.

"Negara-negara kita memiliki komitmen untuk memajukan kepentingan bersama dan mengatasi masalah bersama" dan bekerja dengan tekun untuk memperkuat keamanan regional dan mendorong kemakmuran, kata mereka.

Negara Teluk tersebut merupakan salah satu mitra keamanan terpenting Washington di Timur Tengah. Militernya telah bertempur bersama AS dalam beberapa kampanye, termasuk perang di Afghanistan, dan tentara Amerika ditempatkan di Abu Dhabi.

Sekretaris pers nasional tim kampanye Trump, Karoline Leavitt, mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa masa jabatan kedua Trump akan "sekali lagi menghadirkan perdamaian melalui kekuatan untuk membangun Kembali.

Juga memperluas koalisi perdamaian yang ia bangun dalam masa jabatan pertamanya untuk menciptakan keselamatan dan keamanan jangka panjang di Timur Tengah dan di seluruh dunia.

Baca Juga: Donald Trump Berjanji Menghapus Pajak Kerja Lembur

Sebelum Trump, Washington telah menolak permintaan jet tempur dari negara-negara Timur Tengah karena kebijakan untuk memastikan bahwa Israel mempertahankan keunggulan militer atas negara-negara tetangganya.

Trump menikmati hubungan yang hangat dengan negara-negara Teluk yang kaya. Presiden UEA Sheikh Mohammed bin Zayed Al Nahyan mengunjungi Gedung Putih pada tahun 2017 saat ia menjadi putra mahkota Abu Dhabi.

Ia belum pernah mengunjungi Gedung Putih selama pemerintahan Biden, tetapi pada tahun 2022 bertemu di Jeddah dengan Presiden Biden.

Sumber Reuters tidak mengatakan apa yang akan dilakukan UEA jika Wakil Presiden Kamala Harris, calon dari Partai Demokrat, memenangkan pemilihan. Tim kampanye Harris menolak berkomentar.

Harris mengunjungi UEA pada tahun 2022 dan 2023, bertemu dengan Sheikh Mohammed dan pejabat senior pemerintah Emirat lainnya.

Pemerintah Biden telah membahas penjualan F-35 ke Arab Saudi sebagai bagian dari negosiasi untuk perjanjian pertahanan bilateral dan Riyadh menjalin hubungan diplomatik dengan Israel.

Baca Juga: Merasa Sudah Menang, Donald Trump Ogah Lakukan Debat Kedua dengan Kamala Harris

Gedung Putih tidak segera menanggapi pertanyaan Reuters tentang persyaratan apa yang perlu dipenuhi agar penjualan UEA dapat dilanjutkan sebelum akhir masa jabatan Biden pada bulan Januari.

Dalam beberapa tahun terakhir, ada tanda-tanda ketegangan atas beberapa masalah antara AS dan UEA. Termasuk frustrasi Emirat atas persyaratan yang ditetapkan oleh pemerintahan Biden untuk kesepakatan F-35 dan tekanan AS terhadap UEA atas penghindaran sanksi terhadap Iran dan Rusia oleh perusahaan yang beroperasi di negara tersebut.




TERBARU
Kontan Academy
Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung Supply Chain Management Principles (SCMP)

[X]
×