kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45928,35   -6,99   -0.75%
  • EMAS1.321.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ukraina Mulai Mendaftar Kapal yang Bersedia Menggunakan Koridor Laut Hitam


Senin, 14 Agustus 2023 / 04:33 WIB
Ukraina Mulai Mendaftar Kapal yang Bersedia Menggunakan Koridor Laut Hitam
ILUSTRASI. Ukraina telah mulai mendaftar kapal-kapal yang bersedia menggunakan koridor yang diumumkannya awal pekan ini.REUTERS/Mehmet Emin Calsikan


Sumber: Reuters | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KORIDOR LAUT HITAM - Ukraina, yang berusaha membentuk rute pelayaran yang aman di Laut Hitam, telah mulai mendaftar kapal-kapal yang bersedia menggunakan koridor yang diumumkannya awal pekan ini.

Melansir Reuters, sebelumnya pada Kamis pekan lalu, Ukraina mengumumkan "koridor kemanusiaan" di Laut Hitam untuk melepaskan kapal kargo yang terjebak di pelabuhannya sejak Rusia melancarkan invasi besar-besaran ke Ukraina pada 24 Februari 2022.

Koridor tersebut merupakan ujian baru bagi blokade de facto Rusia sejak Moskow membatalkan kesepakatan bulan lalu untuk mengizinkan Kyiv mengekspor biji-bijian.

"Pendaftaran sekarang dibuka dan koordinator sudah bekerja," lapor Interfax Ukraina mengutip pernyataan juru bicara Angkatan Laut Ukraina Dmytro Pletenchuk.

Baca Juga: Rusia Kembali Menghancurkan 20 Drone Ukraina di Atas Wilayah Krimea

Dia tidak memberikan rincian lebih lanjut mengenai hal tersebut. Sementara, sumber dari pelaku industri mengatakan kepada Reuters pada hari Jumat bahwa belum ada kapal yang melewati koridor tersebut.

"Tentu saja, semuanya akan berlangsung di bawah pengawasan Angkatan Bersenjata Ukraina. Kami melakukan segala yang kami bisa untuk memastikan keamanan," kata Pletenchuk.

Rusia belum mengindikasikan apakah akan menghormati koridor pengiriman, dan sumber pengiriman dan asuransi telah menyatakan keprihatinan tentang keselamatan.

Baca Juga: Ukraina Umumkan Koridor Kemanusiaan Kapal di Pelabuhan Laut Hitam, Rusia Bergeming!

Setidaknya pada awalnya, rute tersebut akan berlaku untuk kapal seperti kapal kontainer yang terjebak di pelabuhan Ukraina sejak perang dimulai, dan tidak tercakup dalam kesepakatan yang membuka pelabuhan untuk pengiriman biji-bijian tahun lalu.




TERBARU

[X]
×