Reporter: Dessy Rosalina | Editor: Dessy Rosalina
AMSTERDAM. Unilever memutuskan menjual unit bisnis saus yang mengelola merek Ragu dan Bertolli. Unilever melepas dua merek saus pasta ini kepada produsen makanan Jepang, Mizkan Group, seharga US$ 2,15 miliar.
Penjualan ini merupakan bagian rencana Unilever mengurangi kepemilikan di bisnis makanan. “Transaksi ini membantu kami berekspansi dan diversifikasi produk di pasar internasional," ujar Kazuhide Nakano, Chairman dan CEO Mizkan Holdings Co, mengutip Bloomberg, Kamis (22/5).
Ragu dan Bertolli merupakan mereka saus pasta paling laris di Amerika Serikat (AS). Merek Ragu dan Bertolli merupakan saus legendaris yang dikenal sejak 210 tahun silam. Saban tahun, dua merek ini membukukan penjualan sebesar US$ 600 juta.
Paul Polman, CEO Unilever, mengatakan pihaknya fokus membesarkan unit bisnis health and beauty. Sementara, bisnis makanan akan terus dikurangi hingga beberapa tahun mendatang.