Sumber: Bloomberg | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie
GENEWA. Produsen mobil terbesar Eropa, Volkswagen AG, meramalkan bahwa pihaknya akan mampu meningkatkan pangsa pasarnya dalam industri otomotif global. Hal ini bukan tanpa alasan. Pasalnya, peluncuran produk baru Volkswagen mampu diserap pasar secara global sehingga produsen mobil ini berhasil membukukan peningkatan keuntungan pada tahun lalu.
Berdasarkan keterangan yang dirilis oleh perusahaan yang berbasis di Wolfsburg, Jerman, kemarin, pendapatan bersih Volkswagen mengalami peningkatan sebesar 15% di 2008 menjadi 4,75 miliar euro (US$ 6 miliar) atau 11,92 euro per saham. Pada tahun sebelumnya, pendapatan bersih Volkswagen hanya mencapai 4,12 miliar euro atau 10,43 euro per saham.
Kehadiran model baru Volkswagen, seperti Golf dan Fox, berhasil memikat hati para konsumen dunia. Alhasil, hal itu mampu membantu Volkswagen untuk bertahan menghadapi dampak resesi terburuk sejak Perang Dunia II. Dari catatan Volkswagen, ada peningkatan jumlah pengiriman sebesar 0,6% pada tahun lalu mencapai rekor sebanyak 6,23 juta unit kendaraan untuk permintaan model Audi dan Skoda.
Volkswagen menargetkan mampu menjual 6,6 juta unit kendaraan pada 2018 mendatang. Sebagai perbandingan, tahun lalu, produsen mobil asal Jerman ini hanya mampu menjual 3,67 juta unit kendaraan saja.
Penjualan merek mobil mewah Audi berhasil mencapai target penjualan tahunan sebesar 1 juta unit kendaraan pada 2008 dan ditargetkan akan mampu meningkatkan penjualan pada 2015 sebanyak 1,5 juta unit pada 2015.
Pada Senin (2/3) kemarin, Volkswagen mengajukan penawaran pembagian dividen sebesar 1,93 euro per saham. Itu artinya, ada kenaikan sebesar 7,2% dibandingkan sebelumnya. Volkswagen dijadwalkan akan merilis data detail penjualan berdasarkan merek sekaligus wilayahnya pada 12 Maret mendatang.