kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |

Wanita introvert yang pandai mengelola bisnis (4)


Minggu, 28 April 2019 / 10:05 WIB

Wanita introvert yang pandai mengelola bisnis (4)

Tatyana Bakalchuk telah mencapai puncak kesuksesan dalam berbisnis. Tapi di balik itu semua, ternyata wanita berusia 43 tahun ini sangat tertutup. Dia tidak suka publik menyoroti kehidupan pribadinya. Dia pun tertutup terhadap suntikan dana investasi dari perusahaan lain. Otomatis seluruh laba Wildberries masuk ke kantongnya.

Sukses menjadi wanita kaya raya setelah berhasil mengembangkan bisnis Wildberries sebagai perusahaan e-commerce terbesar di Rusia, Tatyana rupanya jauh dari ingar bingar pemberitaan. Perempuan berusia 43 tahun itu tidak suka publik menyorot kehidupan pribadinya.

Selain menutup diri terhadap suntikan investasi dari perusahaan lain dalam mengembangkan bisnisnya, Tatyana juga selalu menghidari perhatian publik. Mantan guru bahasa inggris itu terkenal sebagai seorang introvert. Walaupun peusahaannya ia rintis saat ini bernilai sekitar US$ 1,2 miliar, Tatyana tidak pernah menghadiri konferensi industri atau acara publik lainnya.

Tatyana sangat menjaga kehidupan pribadi endusan publik. Menutup diri terhadap perhatian menurutnya perlu karena beban kerjanya sudah bearat dalam mengembangkan bisnis Wildberries.

Baginya, ketika sudah mulai berbicara kepada media, maka dirinya akan mulai mendapatkan masalah di tempat pekerjaan. Oleh karena itu wanita lulusan studi humanity dan ilmu sosial dari Moscow Region State Institute tersebut tidak mau waktunya terganggu yang berawal dari pemberitaa-pemberitaan media.

Sepanjang hidupnya setelah menjadi titan di industri e-commerce Rusia, Tatyana tercatat hanya beberapa kali tampil ke publik. Pertama, dia tampil melakukan percakapan singkat pada tahun 2016 dalam publikasi perdagangan Shopolog (Shopologist). Kemudian, dua kali berbicara kepada majalah Forbes.


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk
Editor: Tri Adi

Video Pilihan


Close [X]
×