kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Warga AS mulai mendapatkan dana stimulus akhir pekan ini


Sabtu, 13 Maret 2021 / 08:08 WIB
Warga AS mulai mendapatkan dana stimulus akhir pekan ini
ILUSTRASI. Warga Amerika Serikat (AS) akan menerima setoran langsung pertama dari paket bantuan Covid-19 senilai US$ 1,9 triliun.


Sumber: Reuters | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - WASHINGTON. Warga Amerika Serikat (AS) akan menerima setoran langsung pertama dari paket bantuan Covid-19 senilai US$ 1,9 triliun dari Presiden Joe Biden masuk ke rekening bank mereka akhir pekan ini.

Tahap pertama pembayaran stimulus US$ 1.400 per orang sudah diproses pada Jumat (12/3). Pembayaran akan dikirim melalui setoran langsung atau melalui pos sebagai cek atau kartu debit dalam beberapa minggu mendatang, kata para pejabat di Departemen Keuangan AS.

Itu berarti satu keluarga yang beranggotakan empat orang akan mendapatkan dana stimulus US$ 5.600.

Baca Juga: Lawan pengaruh China, empat negara ini akan pasok 1 miliar dosis vaksin corona
 
Berbeda dengan dua pembayaran tahap pertama, yang dibatasi untuk anak-anak di bawah 17 tahun, dalam tahap selanjutnya juga akan diberikan kepada semua tanggungan yang memenuhi syarat, termasuk mahasiswa, orang dewasa penyandang disabilitas, orang tua dan kakek-nenek, kata pejabat tersebut seperti dikutip Reuters.

Departemen Keuangan AS menekankan bahwa tidak ada tindakan yang diperlukan oleh pembayar pajak untuk menerima pembayaran stimulus, yang akan didasarkan pada pengembalian pajak 2019 atau 2020, tergantung mana yang terakhir diajukan, atau data yang dipasok ke Badan Penerimaan Pajak (IRS) tahun lalu oleh non-pelapor.

IRS juga akan secara otomatis mengirim pembayaran kepada mereka yang biasanya tidak mengajukan pengembalian pajak, tetapi menerima manfaat Dewan Pensiun Jaminan Sosial dan Kereta Api, pendapatan jaminan tambahan atau manfaat veteran pada tahun 2020.

“Tujuannya adalah mengeluarkan dana ini secepat mungkin,” kata salah satu pejabat yang dikutip Reuters.

Para pejabat mendesak orang-orang mengajukan pengembalian pajak mereka secara elektronik untuk memudahkan proses, mencatat bahwa mereka juga dapat memenuhi syarat untuk keringanan lainnya, termasuk kredit pajak anak.

Pemerintahan Biden menyatakan, pembayaran stimulus dan langkah-langkah lain akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan membantu orang Amerika yang dilanda pandemi Covid-19, yang merenggut 1.400 nyawa di Amerika Serikat setiap hari.

Hampir 160 juta rumah tangga AS akan menerima sekitar US$ 400 miliar pembayaran langsung senilai US$ 1.400 per orang. Ini akan membantu individu dengan pendapatan US$ 75.000 per tahun dan pendapatan pasangan hingga US$ 150.000. Mereka yang berpenghasilan lebih, tetapi kurang dari US$ 80.000 per individu atau US$ 160.000 per pasangan, akan menerima jumlah dana stimulus yang lebih kecil.

Selanjutnya: Biden targetkan kehidupan di AS akan kembali normal saat hari kemerdekaan pada 4 Juli




TERBARU

[X]
×