kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Warna sungai di Rusia ini tiba-tiba berubah jadi merah darah, apa yang terjadi?


Senin, 09 November 2020 / 07:17 WIB
Warna sungai di Rusia ini tiba-tiba berubah jadi merah darah, apa yang terjadi?
ILUSTRASI. sungai merah tercemar limbah di Rusia


Sumber: Kompas.com | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - Kemerovo. Sebuah sungai bernama Iskitimka di Kemerovo (dikenal juga dengan Kuzbass), Siberia, Rusia berubah warna airnya menjadi merah darah. Perubahan warna ini akibat pencemaran air sungai.

Perubahan warna sungai pun memicu kekhawatiran penduduk sekitar sungai tersebut pada Sabtu (7/11/2020). Perubahan warna itu kemudian dijelaskan oleh pihak berwenang Kuzbass sebagai akibat dari pencemaran limbah.

Wakil Gubernur Kuzbass untuk Bidang Industri, Transportasi dan Lingkungan, Andrey Panov mengungkap melalui Instragramnya bahwa pencemaran air sungai itu terjadi karena saluran pembuangan limbah kota tersumbat.

Hal itu tidak mengejutkan mengingat kota Kemerovo sendiri adalah kota industri di Siberia. Namun, tak hanya warna merah darah yang membuat ngeri penduduk, hewan-hewan seperti bebek yang biasanya berenang di sungai kini enggan mendekati sungai itu.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Расскажу, что сделано для установления источника загрязнения Искитимки, вода в которой приобрела красный оттенок. ⠀ Министерством природных ресурсов и экологии Кузбасса с участием федеральных надзорных органов было проведено выездное расследование. ⠀ Установлено, что источником загрязнения реки Искитимки стал её правый приток - ручей Суховский. В него поступали сточные воды красного оттенка, стекавшие с рельефа местности. Сброс на рельеф шел из засоренного городского коллектора. Кроме того, возможным источником поступления загрязненных вод стала городская ливневая канализация. ⠀ Аварийной службой ОАО "КЕМВОД" проведены работы по устранению засора коллектора. На данный момент проблема решена. ⠀ Соответствующая информация направлена в Управление МВД России по Кемеровской области для установления виновных и привлечения их к ответственности. #искитимка #экологиякузбасса #загрязнениереки

A post shared by Андрей Панов (@panov_kuzbass) on

Baca juga: Harga Rp 200-an juta, lelang rumah sitaan bank, lokasi di Tangerang

Melansir The Sun, seseorang menanggapi peristiwa itu dengan mengatakan, "( Sungai)-nya [tampak] seperti sup borscht [sup yang terbuat dari buah bit merah, populer di Rusia], tapi beracun. Airnya [sungai] tampak sangat beracun."

Panov menjelaskan bahwa debit air limbah merah itu berasal dari selokan kota yang tersumbat. Layanan darurat dilaporkan telah memperbaiki penyumbatan dan warna air sungai berangsur normal.

Meski begitu, masih terlalu cepat untuk mengakhiri kasus pencemaran limbah tersebut. Informasi yang dikirim ke Direktorat Utama Kementerian Dalam Negeri wilayah Kemerovo akan mengidentifikasi siapa pelakunya dan membawanya ke pengadilan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Air Sungai di Rusia Ini Berubah Merah Seperti Darah, Apa Penyebabnya?",

Penulis : Miranti Kencana Wirawan
Editor : Miranti Kencana Wirawan




TERBARU
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

[X]
×