kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45906,64   6,79   0.75%
  • EMAS1.395.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.17%
  • RD.CAMPURAN 0.09%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.03%

Warren Buffett Sebut Alasan Tak Lagi Sumbang Dana ke Gates Foundation Lewat 4 Kata


Jumat, 05 Juli 2024 / 05:24 WIB
Warren Buffett Sebut Alasan Tak Lagi Sumbang Dana ke Gates Foundation Lewat 4 Kata
ILUSTRASI. Warren Buffett mengungkapkan bahwa setelah kematiannya, donasi untuk yayasan Bill Gates akan dihentikan. REUTERS/Scott Morgan


Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - Selama beberapa dekade, persahabatan antara Warren Buffett dan Bill Gates - dua miliarder dunia - telah menjadi salah satu kisah yang paling menarik dalam dunia bisnis. 

Keduanya bertemu lebih dari 30 tahun yang lalu dalam sebuah pertemuan yang tampaknya tidak ingin mereka hadiri. 

Namun, sejak saat itu, mereka telah menjadi teman, mentor, dan kolega. 

Mengutip Inc.com, Gates bergabung dengan dewan direksi Berkshire Hathaway pada tahun 2004 dan menjabat hingga tahun 2020 ketika ia mengundurkan diri sebagai anggota dewan direksi Microsoft. 

Sementara, Buffett menjabat sebagai anggota dewan Bill and Melinda Gates Foundation hingga tahun 2021 ketika ia mengundurkan diri tak lama setelah pasangan ini mengumumkan perceraian mereka.

Pada tahun 2006, Buffett berjanji untuk memberikan 85% saham Berkshire miliknya, yang saat itu bernilai sekitar US$ 37 miliar, untuk amal. 

Sebagian besar dari jumlah tersebut disumbangkan ke yayasan yang didirikan Gates bersama mantan istrinya, Melinda Gates. Hingga saat ini, sumbangan tersebut telah mencapai lebih dari US$ 43 miliar. 

Baca Juga: 6 Kebiasaan ini Jadi Rahasia Kesuksesan Para Miliarder Dunia, Bisa Anda Contek

Pada tahun 2010, Buffett mendirikan The Giving Pledge, yang mendorong para miliarder untuk menyumbangkan sebagian besar kekayaannya selama masa hidup mereka atau ketika mereka meninggal. 

Namun, dalam sebuah wawancara dengan The Wall Street Journal, Buffett mengungkapkan bahwa setelah kematiannya, donasi untuk yayasan tersebut akan dihentikan.

"Gates Foundation tidak akan menerima uang setelah kematian saya," kata Buffett.

Buffett tidak menjelaskan alasan dari perubahan tersebut. Ketika Buffett mengundurkan diri dari dewan yayasan, ia menjelaskan bahwa:

"Tujuan saya 100% selaras dengan tujuan yayasan, dan partisipasi fisik saya sama sekali tidak diperlukan untuk mencapai tujuan ini." 

Sekarang, masa depan itu akan terlihat sangat berbeda karena yayasan ini memiliki kekosongan dana yang signifikan untuk diisi. 

Buffett mengatakan bahwa ia akan menyerahkan kepada anak-anaknya, "yang saya percayai sepenuhnya" (whom I trust completely), untuk memutuskan apa yang akan terjadi dengan uangnya ketika ia meninggal. 

Baca Juga: Ingin Keluar dari Perangkap Kemiskinan? Ini 5 Caranya Menurut Warren Buffett

"Saya merasa sangat, sangat yakin dengan nilai-nilai yang dianut oleh ketiga anak saya, dan saya percaya 100% bahwa mereka akan melaksanakannya," kata Buffett kepada Journal.




TERBARU

[X]
×