kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

WHO selidiki asal usul virus corona ke China, warga Wuhan: Kami tidak takut


Jumat, 18 Desember 2020 / 10:06 WIB
WHO selidiki asal usul virus corona ke China, warga Wuhan: Kami tidak takut
ILUSTRASI. Warga memakai masker pelindung mengendarai sepeda di Wuhan, kota China. REUTERS/Aly Song


Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - WUHAN. Penyelidik dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) akan mengunjungi China Januari tahun depan untuk menyelidiki asal usul virus corona. Menanggapi hal tersebut, penduduk Wuhan mengatakan mereka ingin tim itu datang ke pusat kota, berharap mereka bisa membuktikan virus itu tidak berasal dari sana.

Reuters memberitakan, tim penyelidik internasional diperkirakan akan melakukan perjalanan ke China pada Januari, kata WHO pada Kamis (17/12), setelah lebih dari setahun kelompok infeksi Covid-19 pertama yang diidentifikasi dikaitkan dengan pasar makanan laut Huanan di Wuhan.

“Saya persilahkan mereka datang. Kami juga ingin tahu bagaimana perkembangannya, khususnya dari mana asalnya, apakah sumber virusnya ada di sini,” kata seorang warga Wuhan yang bermarga Wan, saat berjalan menuju kantor, Kamis pagi.

"Perasaan saya asalnya bukan dari situ," tambahnya mengacu pada pasar seafood kepada Reuters.

Baca Juga: Selidiki asal usul virus corona, tim WHO akan berkunjung ke China awal Januari 2021

WHO tidak mengonfirmasi apakah timnya akan pergi ke Wuhan, dengan mengatakan bahwa diskusi tentang rencana perjalanan sedang berlangsung. Tim WHO beranggotakan dua orang mengunjungi China pada Juli, tetapi tidak mengunjungi Wuhan.

Reuters melaporkan sebelumnya, mengutip seorang anggota dan diplomat, bahwa tim yang terdiri dari 12-15 ahli internasional akan mengunjungi Wuhan untuk memeriksa bukti, termasuk sampel manusia dan hewan yang dikumpulkan oleh para peneliti China, dan untuk membangun studi awal mereka.

Baca Juga: Negosiasi alot, China perbolehkan WHO selidiki asal usul virus corona di Wuhan

Beijing sangat menentang seruan untuk penyelidikan internasional tentang asal-usul virus corona, tetapi mengatakan mereka bersedia untuk penyelidikan yang dipimpin WHO.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×