kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.444.000   1.000   0,07%
  • USD/IDR 15.354   83,00   0,54%
  • IDX 7.819   6,87   0,09%
  • KOMPAS100 1.190   6,03   0,51%
  • LQ45 964   4,18   0,44%
  • ISSI 227   0,80   0,35%
  • IDX30 492   3,06   0,62%
  • IDXHIDIV20 592   1,42   0,24%
  • IDX80 135   0,71   0,53%
  • IDXV30 138   -0,22   -0,16%
  • IDXQ30 164   0,72   0,44%

Xi Jinping dan Pedro Sanchez Berupaya Meredakan Sengketa Perdagangan EU-China


Senin, 09 September 2024 / 23:19 WIB
Xi Jinping dan Pedro Sanchez Berupaya Meredakan Sengketa Perdagangan EU-China
ILUSTRASI. Presiden China Xi Jinping. REUTERS/Carlos Garcia Rawlins


Sumber: Reuters | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - BEIJING. Presiden China Xi Jinping mendesak Perdana Menteri Spanyol Pedro Sanchez untuk memainkan peran "konstruktif" dalam memperbaiki hubungan yang tegang antara Beijing dan Uni Eropa (UE).

Sanchez menyatakan harapannya agar UE dapat menghindari perang dagang dengan China, meskipun Brussels tengah mempertimbangkan untuk memberlakukan tarif pada kendaraan listrik buatan China.

Baca Juga: WTO: Pemberlakuan Tarif Impor Cenderung Memukul Rumah Tangga Miskin

Dalam pertemuan mereka, Xi menekankan pentingnya memperdalam hubungan komersial antara China dan Spanyol di berbagai sektor seperti kecerdasan buatan, ekonomi digital, energi baru, dan bidang teknologi tinggi lainnya.

Xi juga menyatakan bahwa Beijing ingin bekerja sama dengan Brussels untuk mengembangkan hubungan China-UE yang tetap mandiri, tetapi juga dapat berkembang bersama dan memberi manfaat bagi dunia.

"Diharapkan Spanyol akan terus memainkan peran konstruktif dalam hal ini," kata Xi pada Senin (9/9).

Baca Juga: Perusahaan Jepang Mulai Meninggalkan Bisnis di China

Sanchez merespons dengan menyatakan, "Spanyol ingin bekerja secara konstruktif agar hubungan kedua belah pihak semakin erat, kaya, dan seimbang."

Pada bulan Juni, China menyatakan bahwa ketegangan dengan UE terkait rencana tarif hingga 36,3% untuk kendaraan listriknya dapat memicu perang perdagangan.

Beberapa hari kemudian, China mengumumkan penyelidikan anti-dumping terhadap impor daging babi dari Eropa sebagai tindakan balasan.

Pada bulan Agustus, China meningkatkan ketegangan dengan membuka penyelidikan terhadap subsidi susu dari Uni Eropa.

Baca Juga: Donald Trump Ancam Berlakukan Tarif 100% pada Negara-Negara yang Tinggalkan Dolar AS

Sebelum bertemu dengan Xi, Sanchez menyampaikan kepada acara bisnis bahwa Spanyol akan bekerja menuju konsensus yang dinegosiasikan terkait sengketa kendaraan listrik melalui Organisasi Perdagangan Dunia (WTO), menambahkan bahwa "perang dagang tidak akan menguntungkan siapa pun."

Pada tahun 2023, Spanyol mengekspor produk daging babi senilai US$1,5 miliar yang kini menjadi subjek penyelidikan oleh China, menurut data bea cukai.

Jumlah ini jauh melampaui ekspor dari Belanda dan Denmark yang menempati peringkat kedua dan ketiga. Selain itu, Spanyol juga mengekspor produk susu senilai hampir US$50 juta ke China pada tahun lalu.

Namun, ada tanda positif bagi produsen daging babi Spanyol. Menurut sumber dengan akses langsung ke pertemuan Xi dan Sanchez, kedua pemimpin tersebut "menemukan harmoni dan saling pengertian" terkait potensi pembatasan ekspor daging babi Spanyol.

Baca Juga: China Desak AS untuk Segera Cabut Semua Tarif atas Barang-Barang Tiongkok

"Pertemuan berlangsung sangat baik," kata sumber tersebut, seraya menambahkan bahwa kedua pihak mempertahankan posisi mereka sambil berusaha mencapai kesepakatan.

Sanchez juga menegaskan bahwa Spanyol ingin "membangun jembatan bersama untuk mempertahankan tatanan perdagangan yang adil," saat bertemu dengan Perdana Menteri China, Li Qiang, sebelum bertemu dengan Xi.

Spanyol mencatat defisit perdagangan sebesar 17,27 miliar euro (US$19,07 miliar) pada paruh pertama tahun ini, menurut statistik pemerintah.

Sanchez juga diperkirakan akan mencari jaminan agar China tidak membalas Brussels dengan menaikkan tarifnya sendiri terhadap kendaraan berbahan bakar bensin bermesin besar, yang dapat merugikan SEAT, salah satu produsen mobil Spanyol terbesar.

Pada Selasa (10/9), Sanchez dijadwalkan bertemu dengan perwakilan SAIC Motor, salah satu produsen mobil China yang paling terpengaruh oleh tarif UE dan menandatangani Nota Kesepahaman dengan perusahaan teknologi hijau Envision, yang sedang membangun pabrik baterai kendaraan listrik di Spanyol.

Baca Juga: Balas Dendam, China Serang Kanada dengan Penyelidikan Antidumping atas Impor Kanola

Dalam konteks geopolitik dan ekonomi yang semakin kompleks ini, Sanchez menyatakan kepada Xi, "Kita harus bekerja bersama untuk menyelesaikan perbedaan melalui negosiasi."

Pada pemungutan suara pada bulan Juli, Spanyol bersama Prancis dan Italia mendukung proposal Komisi Eropa untuk memberlakukan tarif tambahan pada kendaraan listrik buatan China, di luar tarif impor standar sebesar 10%.

Namun, China telah melobi negara-negara anggota UE untuk menolak tarif ini pada pemungutan suara final pada bulan Oktober.

Tarik-tarikan ini kemungkinan akan menentukan apakah tarif tambahan di atas 10% tersebut akan diterapkan, kecuali mayoritas yang memenuhi syarat dari 15 negara anggota UE yang mewakili 65% dari populasi UE menolaknya.

Selanjutnya: Piutang Pembiayaan WOM Finance Naik 6,1% pada Agustus 2024

Menarik Dibaca: Cara Mengatasi No Battery is Detected pada Laptop Tanpa Perlu Mengganti Baterai Baru




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management Principles (SCMP) Mastering Management and Strategic Leadership (MiniMBA 2024)

[X]
×