kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45774,37   -28,65   -3.57%
  • EMAS1.028.000 0,00%
  • RD.SAHAM -0.06%
  • RD.CAMPURAN -0.05%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.02%

Xi Jinping kunjungi Zhejiang, China sampaikan pesan siap bangun lagi ekonominya


Senin, 30 Maret 2020 / 07:48 WIB
Xi Jinping kunjungi Zhejiang, China sampaikan pesan siap bangun lagi ekonominya
ILUSTRASI. Presiden China Xi Jinping. REUTERS/Thomas Peter

Sumber: South China Morning Post,Xinhua | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - ZHEJIANG. Presiden China Xi Jinping mengunjungi pembangkit tenaga listrik industri provinsi Zhejiang pada hari Minggu (29/3/2020). Menurut media pemerintah setempat, pesan yang ingin disampaikan dari kunjungan tersebut adalah negara itu siap untuk membangun kembali perekonomian meski masih berurusan dengan virus corona.

Melansir South China Morning Post, perjalanan ke Ningbo -salah satu pelabuhan tersibuk di dunia dan pusat perdagangan untuk China timur- adalah yang pertama bagi Xi di luar Beijing sejak ia mengunjungi Wuhan, pusat awal wabah Covid-19, awal bulan ini.

Baca Juga: Virus Corona jadi ujian terbesar Trump dalam berhubungan dengan China

Selain mengunjungi pelabuhan, Xi juga bertemu dan berbincang dengan pekerja di zona industri untuk produsen suku cadang mobil, di mana ia belajar tentang upaya terbaru untuk memulai kembali produksi, kata Xinhua dalam sebuah laporan singkat.

Kunjungan itu terjadi setelah wilayah itu terkunci total selama dua bulan. Kebijakan ini mengganggu bisnis, transportasi, dan kehidupan sehari-hari sehingga membuat ekonomi hampir macet.

Baca Juga: Xi tagih komitmen Trump untuk bekerja sama dalam memberantas wabah corona

Sementara itu, transmisi lokal dari virus corona di China tampaknya mulai terkendali. Hal ini terjadi setelah Beijing menerapkan langkah-langkah ketat untuk mencegah kasus impor, termasuk memotong penerbangan internasional dan melarang sebagian besar orang asing memasuki negara itu.

Dalam laporan terpisah, Xinhua mengatakan, kunjungan Xi mengirim "pesan yang jelas" bahwa China melanjutkan produksi industri dan kegiatan sosialnya, dan menggambarkan perjuangan melawan virus corona sebagai kebijakan "normal baru".

Baca Juga: Saat pandemi corona menghangatkan hubungan Xi Jinping-Donald Trump...



TERBARU

[X]
×