kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.326.000 1,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Xiaomi Meluncurkan Mobil Listrik Pertamanya, Lebih Cepat dari Tesla dan Porsche


Jumat, 29 Desember 2023 / 07:52 WIB
Xiaomi Meluncurkan Mobil Listrik Pertamanya, Lebih Cepat dari Tesla dan Porsche
ILUSTRASI. Visitors film around Xiaomi's first electric vehicle, the SU7, displayed at an event in Beijing, China December 28, 2023. REUTERS/Florence Lo


Sumber: Reuters | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - BEIJING. Produsen ponsel pintar asal China Xiaomi meluncurkan kendaraan listrik pertamanya pada hari Kamis (28/12). Xiaomi berambisi ingin menjadi salah satu dari lima produsen mobil terbesar di dunia.

Sedan yang dijuluki SU7 dengan kependekan dari Speed Ultra ini merupakan model yang sangat dinanti-nantikan.

Chief Executive Xiaomi Lei Jun menyebutkan, SU7 memiliki teknologi "motor listrik super" yang mampu menghasilkan kecepatan akselerasi lebih cepat daripada mobil Tesla dan mobil listrik Porsche.

Namun, mobil ini - yang kemungkinan akan mulai dijual dalam beberapa bulan - memulai debutnya di saat pasar mobil China - yang merupakan pasar terbesar di dunia - sedang bergulat dengan kelebihan kapasitas dan melambatnya permintaan yang memicu perang harga.

Hal tersebut tidak menghentikan Chief Executive Xiaomi Lei Jun untuk menguraikan ambisi besarnya.

Baca Juga: Xiaomi Redmi Note 12: Harga Baru Diskon Sampai Rp 500.000

"Dengan bekerja keras selama 15 hingga 20 tahun ke depan, kami akan menjadi salah satu dari 5 produsen mobil top dunia, berusaha untuk mengangkat industri mobil China secara keseluruhan," katanya pada saat peresmian.

Rencana tersebut termasuk membangun "mobil impian yang sebanding dengan Porsche dan Tesla," tambahnya.

SU7 juga diharapkan dapat menarik minat pelanggan karena sistem operasinya yang sama dengan ponsel populer Xiaomi dan perangkat elektronik lainnya.

Pengemudinya akan memiliki akses tanpa batas ke portofolio aplikasi seluler perusahaan yang sudah ada.

"Xiaomi adalah merek elektronik konsumen yang mapan dengan ratusan juta 'Mi Fans', atau anggota ekosistem perangkat pintarnya," kata Bill Russo, CEO perusahaan penasihat yang berbasis di Shanghai, Automobility.

"Dengan demikian, mereka memiliki peluang yang signifikan untuk melakukan terobosan karena mobil menjadi perangkat pintar."

Baca Juga: Daftar HP Xiaomi yang Bakal Mencicipi Update HyperOS, Rilis Pada Q1 2024 Mendatang

SU7 akan hadir dalam dua versi - satu dengan jarak tempuh hingga 668 km (415 mil) dengan sekali pengisian daya dan satu lagi dengan jarak tempuh hingga 800 km. Sebagai perbandingan, Tesla Model S memiliki jangkauan hingga 650 km.

Harga belum diumumkan. Lei mengatakan bahwa biayanya "memang akan sedikit tinggi, tetapi semua orang akan berpikir bahwa harganya pantas."

Di tengah salah satu bulan Desember terdingin yang pernah tercatat di China, SU7 juga diposisikan untuk menarik konsumen yang khawatir dengan musim dingin.

Lei mengatakan bahwa SU7 memiliki kemampuan pengisian daya yang cepat dalam suhu rendah dan dilengkapi dengan teknologi canggih yang memungkinkannya untuk mengenali rintangan dalam kondisi yang menantang seperti salju yang turun.

Kemampuan mengemudi otonom mobil Xiaomi akan menjadi yang terdepan dalam industri ini, katanya.

Namun, ambisi Lei gagal mendongkrak harga saham Xiaomi yang terdaftar di Hong Kong melepaskan kenaikan sebelumnya dan berakhir turun 0,3%.

Baca Juga: Xiaomi Rilis Redmi 13C x JKT48, Simak Cara Membeli dan Detailnya

Asal tahu, produsen smartphone terbesar kelima di China ini telah berusaha untuk melakukan diversifikasi di luar bisnis intinya ke kendaraan listrik di tengah stagnasi permintaan smartphone - sebuah rencana yang pertama kali diumumkan pada tahun 2021.

Perusahaan teknologi China lainnya yang telah bermitra dengan produsen mobil untuk mengembangkan kendaraan listrik termasuk raksasa telekomunikasi Huawei dan perusahaan mesin pencari Baidu.

Xiaomi telah berjanji untuk menginvestasikan US$10 miliar di bidang otomotif selama satu dekade dan merupakan salah satu dari sedikit pemain baru di pasar mobil listrik China yang mendapatkan persetujuan dari pihak berwenang yang enggan menambah kelebihan pasokan.

Mobil-mobilnya akan diproduksi oleh sebuah unit produsen mobil milik negara, BAIC Group, di sebuah pabrik di Beijing dengan kapasitas tahunan sebesar 200.000 kendaraan.

Di pasar mobil listrik China yang sangat padat, persaingan terbesarnya kemungkinan besar akan datang dari BYD yang menguasai sepertiga pangsa pasar. Sementara Tesla memiliki 9% pangsa pasar, menurut data kuartal ketiga dari Zheshang Securities.

Selanjutnya: Trafik Saat Natal dan Tahun Baru Bikin JSMR Menderu

Menarik Dibaca: Tips Atur Keuangan Bagi Anda yang Gemar Koleksi Merchandise Artis




TERBARU
Kontan Academy
Practical Business Acumen Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×