kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kakek-Kakek di Jepang Berbondong-Bondong Borong iPad


Jumat, 06 Agustus 2010 / 15:24 WIB
Kakek-Kakek di Jepang Berbondong-Bondong Borong iPad


Reporter: Femi Adi Soempeno, Bloomberg |

TOKYO. Hikosaburo Yasuda mencermati tren yang sedang menggelinding saat ini, yaitu iPad yang dirilis oleh Apple Inc. Ia pun membeli iPad agar tak kalah dengan anak-anak muda di klub komputer. Asal tahu saja, Yasuda berusia 95 tahun.

"Sangat penting untuk selalu mencoba hal baru kalau tidak ingin ketinggalan dengan yang lainnya," kata Yasuda.

Ia melihat, ada begitu banyak buku yang menggudang dalam satu piranti tersebut. "Banyak hal yang familiar dengan saya, seperti buku dengan judul-judul klasik yang saya belum pernah mencoba untuk membacanya. Makanya, saya ingin membeli iPad," katanya.

Yasuda dan beberapa koleganya memang mencari cara yang paling mudah untuk browsing dan berkabar melalui email. Hal ini menunjukkan adanya pasar konsumen diatas usia 65 tahun yang masih mengincar produk Apple. Bukan hanya di Jepang saja, tetapi juga di AS, China, dan Prancis.

Saat ini, China memiliki komunitas orang-orang tua yang paling tua diantara negara-negara yang lain. Hitung punya hitung, 22% populasi di Jepang adalah orang-orang yang terbilang 'berumur'.

"iPad adalah perangkat yang bagus bagi orang-oran tua, karena sangat memaklumi kesalahan-kesalahan yang dibuat oleh pengguna. Kesalahan-kesalahan seperti ini yang kadang menjadi ketakutan orang-orang tua saat berhubungan dengan komputer," kata peneliti Takahiro Miura dari University of Tokyo. Menurutnya, iPad ini tidak seperti PC; iPad tidak membutuhkan pengetahuan yang begitu mendalam sebelum menggunakannya.

Motoo Kitamura yang berusia 78 tahun mengatakan, iPad membantunya berkomunikasi dengan cucunya yang berusia 2 tahun yang selalu mengajaknya bermain. "Mencoba hal baru seperti ini adalah latihan mental yang bagus," katanya.

Di AS, iPad yang paling murah dilepas di harga US$ 499 per unit sebanyak 3,27 juta unit di pasar AS. Di Jepang, dengan tipe yang sama dijual di harga 48.800 yen atau setara dengan US$ 565 per unit.

Perusahaan penelitian ISuppli Corp. di California mengatakan, Apple kemungkinan mengapalkan 12,9 juta unit pada tahun ini.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×