: WIB    --   
indikator  I  

April, pengangguran AS terendah dalam satu dekade

April, pengangguran AS terendah dalam satu dekade

Laporan tenaga kerja Amerika Serikat per April 2017 menunjukkan, tingkat pengangguran di  negara tersebut turun menjadi 4,4%. Ini tingkat pengangguran AS terendah sejak Mei 2007.

Data Departemen Tenaga Kerja AS yang dirilis Jumat (5/5/2017) menununjukkan, pada April lalu, terjadi penambahan 211.000 pekerjaan. Ini melebihi kinerja yang mengecewakan pada Maret 2017 di mana hanya tercipta penambahan 79.000 pekerjaan.

Tingkat pengangguran yang rendah menunjukkan sejauh mana perbaikan ekonomi AS sejak berakhirnya Resesi Besar tahun 2009, ketika tingkat pengangguran mencapai 10%.

Banyak ekonom menilai, kini AS sudah berada atau setidaknya sudah dekat dengan "pekerjaan penuh (full employment)" yang berarti tingkat pengangguran tidak akan turun secara signifikan lebih banyak lagi, dan pertumbuhan upah harus mulai dipercepat.

Pada April lalu, tingkat upah meningkat 2,5% dibandingkan periode sama tahun lalu.

Ini adalah laporan tenaga kerja ketiga sejak Presiden Trump mulai menjabat. Selama itu, tingkat pekerjaan di AS telah bertambah 522.000.

Trump menikmati pujian atas kinerja pasar kerja. Namun, banyak faktor lain di luar kendali presiden yang mempengaruhi keputusan pengusaha dalam mempekerjakan pegawai.


 


SUMBER : money.cnn
Editor Mesti Sinaga

AMERIKA SERIKAT / AS

Feedback   ↑ x