INTERNASIONAL
Berita
Berlian biru langka ditemukan di Afrika Selatan

PENEMUAN BERLIAN

Berlian biru langka ditemukan di Afrika Selatan


Telah dibaca sebanyak 2257 kali
Berlian biru langka ditemukan di Afrika Selatan

LONDON. Sebuah berlian biru langka berhasil ditemukan di sebuah tambang di Afrika Selatan. Berlian sebesar 25,5 karat itu ditemukan Petra Diamonds di tambang Cullinan dan diperkirakan akan memberi keuntungan besar bagi perusahaan perhiasan yang menemukannya.

Berlian biru ini diperkirakan bernilai lebih dari US$10 juta atau setara Rp97,1 miliar. Penemuan berlian biru itu juga mendorong harga saham Petra.

Temuan serupa dalam beberapa tahun dari tambang Cullinan telah menaikkan harga dan saham Petra, yang beroperasi di Botswana dan Tanzania. Petra mengharapkan bunga yang tinggi dari para pembeli.

"Ini sangat tidak biasa untuk sebuah berlian dengan kualitas dan ukuran ini masuk ke pasar,'' kata juru bicara Petra, Cathy Malins.

Penghasil berlian biru

Tambang Cullinan, terletak di timur laut Pretoria, Afrika Selatan. Selama ini, kawasan itu dikenal sebagai tambang penghasil ratusan batuan berharga terutama berlian biru.

Sebelumnya, berlian sebesar 26,6 karat ditemukan di tempat yang sama pada Mei 2009. Berlian itu dipotong menjadi batu yang mendekati sempurna, dan terjual dengan harga sedikit di bawah harga US$10 juta di lelang Sotheby's.

Berlian itu diberi nama ''Star of Josephine" oleh pemilik barunya. Berlian biru lainnya yang ditemukan di Cullinan terjual dalam lelang dengan harga US$10,8 juta tahun lalu, dan memecahkan rekor dunia untuk nilai per karat.

Tahun 1905, berlian biru ''Star of Africa'' - berlian potong terbesar kedua di dunia - juga ditemukan di tambang Cullinan. Berlian dengan bentuk buah pir sebesar 530 karat itu menjadi hadiah untuk Raja Edward VII dan menjadi koleksi permata mahkota Inggris.

Editor: Asnil Bambani Amri
Sumber: BBC
Telah dibaca sebanyak 2257 kali



Syarat & Ketentuan Komentar :
  1. Tidak memuat isi bohong, fitnah, sadis dan cabul.
  2. Tidak memuat isi yang mengandung prasangka dan kebencian terkait dengan suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA), serta menganjurkan tindakan kekerasan.
  3. Tidak memuat isi diskriminatif atas dasar perbedaan jenis kelamin dan bahasa, serta tidak merendahkan martabat orang lemah, miskin, sakit, cacat jiwa, atau cacat jasmani.
  4. KONTAN memiliki kewenangan mutlak untuk mengedit atau menghapus komentar yang bertentangan dengan ketentuan ini.

LIPSUS

LIPSUS Update

  • Risiko berbeda, premi tiap daerah seharusnya berbeda juga

    +

    Dalam uji coba pertama, Jasindo mengkover 600 hektare (ha) lahan dengan biaya premi Rp 100 juta.

    Baca lebih detail..

  • Agar sukses, perlu insentif bagi penyuluh lapangan

    +

    Program asuransi pertanian menjadi salah satu upaya pemerintah untuk melindungi petani dari efek perubahan iklim. Hanya saja masih banyak kekurangan yang ditemui, seperti kurangnya sosialisasi dan tidak adanya insentif bagi penyuluh pertanian lapa

    Baca lebih detail..