: WIB    —   
indikator  I  

China akan kirim utusan khusus ke Korut, ada apa?

China akan kirim utusan khusus ke Korut, ada apa?

KONTAN.CO.ID - BEIJING. Media pemerintah China melaporkan, negaranya akan mengirim utusan khusus ke Korea Utara (Korut) pada hari Jumat (17/11).

Kantor berita Xinhua melaporkan pada Rabu (15/11), Song Tao, kepala departemen hubungan internasional Partai Komunis, akan mengunjungi Pyongyang sebagai utusan khusus Presiden Xi Jinping.

Mengutip South China Morning Post, laporan tersebut mengatakan bahwa Song  akan memberikan penjelasan dan pengarahan kepada pejabat Korea Utara pada kongres Partai Komunis China bulan lalu, namun tidak memberikan rincian lebih lanjut tentang agendanya atau siapa yang akan dia temui nantinya.

Bagaimanapun juga, perjalanan tersebut muncul di tengah kekhawatiran dunia internasional mengenai program senjata nuklir Korea Utara dan uji coba rudal mereka.

Kunjungan terakhir Song ke Korut terjadi pada bulan Mei tahun lalu saat bertemu dengan Ri Su-yong, wakil ketua Komite Sentral Partai Pekerja yang berkuasa. Ri sebelumnya juga pernah menjabat sebagai menteri luar negeri.

Dalam kunjungannya ke Beijing pada pekan lalu, Presiden AS Donald Trump mendesak China untuk berbuat lebih banyak dalam mengendalikan rezim Kim Jong-un di Pyongyang.

 


Reporter Barratut Taqiyyah Rafie
Editor Barratut Taqiyyah Rafie

KOREA UTARA

Feedback   ↑ x
Close [X]