kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

China kini punya lebih dari 1 juta orang miliuner


Jumat, 29 Mei 2015 / 12:36 WIB
China kini punya lebih dari 1 juta orang miliuner


Sumber: money.cnn | Editor: Mesti Sinaga

China telah menjadi rumah bagi lebih dari sejuta orang jutawan (jika kekayaan mereka di rupiahkan, maka mereka masuk kategori miliuner).

Laporan Bain and Co menunjukkan, setidaknya 100.000 dari orang kaya itu berada di Provinsi Guang dong, yang berbatasan dengan Hong Kong.

Bain memperoleh hasil ini setelah menyurvei 2.800 orang yang masuk ketegori high net worth individuals melalui kuesioner, dan melakukan wawancara dengan 100 orang.

Kriteria high net worth individuals adalah investor yang memiliki aset lebih dari 10 juta yuan atau sekitar US$ 1,6 juta atau sekitar Rp 20,8 miliar.

Hasilnya, jumlah high net worth individuals di China telah meningkat dua kali lipat sejak 2010. Jumlah kekayaan kelompok ini yang di tahun lalu melebihi 100 triliun yuan (US$ 16 triliun), diperkirakan akan menembus 129 triliun (US$ 21 triliun) tahun ini.

Laporan Bain juga menyebutkan, cepatnya pertumbuhan industri kreatif telah melahirkan kelompok baru orang-orang kaya dengan usia di bawah 50 tahun.

Peningkatan kelompok kaya di China kini memasuki tahap yang mencengangkan, seiring dengan cepatnya pertumbuhan ekonomi beberapa dekade terakhir.

“Pertumbuhan investor premium di China didorong oleh pertumbuhan ekonomi riil China, khususnya di sekotor inovatif yang ikut memacu pertumbuhan ekonomi,” ujar Alfred Shang, salah seorang penulis laporan Bain.

Shang menambahkan, tujuan utama investasi orang kaya baru itu adalah memelihara kekayaan dan mencetak uang lebih banyak lagi

Masih berdasarkan survei Bain, sekitar 36% kelompok tajir China berencana meningkatkan investasi mereka di bidang tekhnologi, biotekhnologi dan energi alternatif. Hanya 10% dari responden yang menyatakan ingin meningkatkan investasi di industri manufaktur tradisional.

Riset UBS and PricewaterhouseCoopers menunjukkan, China telah melahirkan satu orang miliuner setiap pekannya di kuartal pertama tahun ini.

Saat ini, berdasarkan data UBS, jumlah billionaires China yang saat ini sebanyak 200 orang memang masih di belakang Amerika Serikat yang memiliki 570 billionaires. Namun dalam beberapa tahun ke depan, diperkirakan China akan melewati AS.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×