kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45997,15   3,55   0.36%
  • EMAS1.199.000 0,50%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Daftar mantan Presiden AS dengan kepemimpinan oke


Senin, 20 Februari 2017 / 06:49 WIB
Daftar mantan Presiden AS dengan kepemimpinan oke


Reporter: Avanty Nurdiana | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

NEW YORK. Jaringan televisi C-SPAN mengeluarkan survei tentang efektivitas kepemimpinan Presiden Amerika Serikat (AS). Dalam jajak pendapat yang dilakukan terhadap para sejarawan itu menyimpulkan Abraham Lincoln, George Washington dan Franklin D Roosevelt merupakan Presiden dengan manajemen kepemimpinan yang bagus dan efektif. Mereka menduduki posisi tiga teratas.

Siapa diantara Presiden Amerika Serikat (AS) yang pernah berkuasa yang paling jempolan selama kepemimpinannya? Versi para sejarawan, Abraham Lincoln, George Washington dan Franklin D Roosevelt berada di jajaran tiga besar Presiden AS dengan kepemimpinan paling bagus. Sementara mantan Presiden AS yang baru saja lengser Barack Obama di peringkat ke 12 berdasarkan survei pada sejarawan yang dirilis Jumat pekan lalu (17/2).

Sementara, Theodore Roosevelt dan Dwight Eisenhower menempati posisi kelima dari 43 Presiden AS yang pernah menjabat dengan manajemen kepemimpinan yang kuat. Survei tersebut dirilis jaringan televisi C-SPAN dalam rangka Hari Presiden 2017. "Sekali lagi, tiga besar adalah Lincoln, Washington dan Roosevelt dengan Obama datang di nomor 12. Pertama kali masuk dengan hasil cukup mengesankan," kata Douglas Brinkley, Profesor Sejarah Rice University dalam rilis C-SPAN yang dikutip Reuters.

Survei ini telah dilakukan dua kali sebelumnya yakni pada tahun 2000 dan 2009 yang meminta 91 sejarawan untuk memeringkat 43 mantan presiden berdasarkan 10 sifat dari pemimpin.

Obama yang baru meninggalkan Gedung Putih pada Januari lalu berhasil masuk dalam jajaran 20 besar. Obama mendapat rating yang baik selama melayani dalam delapan tahun menjabat sebagai presiden. Dia juga menduduki peringkat ketiga dalam kategori memperjuangkan keadilan untuk semua warga. Sementara pada kategori menjaga hubungan dengan Kongres AS, Obama berada di nomor urut ke 39.

Profesor sejarah Howard University Edna Greene Medford bilang, Obama akan mendapatkan rating yang lebih tinggi setelah meninggalkan kantornya. "Tapi tentu saja sejarawan lebih memilih untuk melihat masa lalu lebih jauh dan hanya waktu yang bisa mengungkapkan apa saja warisan yang ditinggalkan," ujar dia.

Sementara itu, Andrew Johnson, Franklin Pierce dan James Buchanan menjadi bekas Presiden AS dengan kepemimpinan yang buruk dan masing-masing menduduki peringkat 43, 42 dan 41. Peringkat mereka bahkan lebih rendah dari William Henry Harrison yang hanya menjabat Presiden AS selama sebulan.

C-SPAN menilai, mantan Presiden AS yang manajerial kepemimpinannya biasa-biasa saja antara lain Ulysse S Grant yang menempati posisi ke 22. Sedangkan peringkat Bill Clinton tidak berubah yakni di posisi 15.

Dalam survei ini, C-SPAN menggunakan beberapa kriteria untuk penilaian yang mereka sebut sebagai pemimpin efektif. C-SPAN menjelaskan ada 10 sifat kepemimpinan yang dinilai oleh para sejarawan. Seperti persuasi publik, kepemimpinan saat krisis, manajemen ekonomi, otoritas moral, hubungan internasional, keterampilan administrasi, hubungan dengan Kongres AS, visi dan pengaturan agenda.

C-SPAN juga menilai bagaimana seorang presiden berlaku adil untuk semua dan tentu saja pencapaian kinerjanya. Barangkali menarik bagaimana sejarawan kelak menilai kepemimpinan Presiden AS sekarang Donald Trump. 




TERBARU

[X]
×