kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Era konsolidasi broker saham di Amerika


Selasa, 25 Oktober 2016 / 06:10 WIB
Era konsolidasi broker saham di Amerika


Reporter: Mona Tobing | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

OMAHA. TD Ameritrade Holding Corp dan Toronto Dominion Bank selangkah lagi merealisasikan rencana akuisisi terhadap Scottrade Financial Services. Nilai kesepakatan aksi korporasi ini mencapai US$ 4 miliar.

Sumber Bloomberg yang mengetahui transaksi tersebut merinci, nilai akuisisi US$ 4 miliar terbagi dalam dua skema. Pertama, TD Ameritrade akan membeli bisnis broker Scottrade senilai US$ 2,7 miliar. Kedua, Toronto Dominion bakal menggelontorkan dana senilai US$ 1,3 miliar untuk menguasai bisnis operasional perbankan milik Scottrade.

Sumber tersebut membisikkan, pengambilalihan saham Scottrade bakal segera diumumkan oleh para pihak yang berkepentingan dalam waktu dekat. Namun jurubicara Toronto Dominion dan TD Ameritrade menolak memberikan klarifikasi atas kabar pembelian Scottrade.

Senada, perwakilan Scottrade juga tidak menanggapi pesan yang dikirim Bloomberg untuk mengklarifikasi kabar tersebut. Pada bulan September 2016 lalu, Bloomberg sempat melaporkan rencana Scottrade yang sedang berupaya menjual bisnisnya.

Hingga saat ini, Scottrade memiliki sekitar 3.700 karyawan yang tersebar di 500 kantor cabang, di Amerika Serikat (AS). Pada bulan Maret 2016, lembaga pemeringkat internasional, Fitch Ratings menyatakan Scottrade mencoba memulai berbisnis manajemen investasi.

Selama ini, Scottrade terkenal sebagai perusahaan perdagangan efek. Langkah tersebut, lanjut Fitch, dikarenakan pendapatan bisnis manajer investasi lebih lebih terukur ketimbang bisnis jasa perantara perdagangan efek.

Hal ini dikarenakan pendapatan perusahaan perantara perdagangan efek lebih fluktuatif seiring volatilitas transaksi bursa.

Tren konsolidasi

Asal tahu saja, konsolidasi TD Ameritrade dan Scottrade akan membentuk perusahaan broker online terbesar di AS. Konsolidasi ini diperlukan sebagai upaya efisiensi di tengah rendahnya volume perdagangan saham yang mengakibatkan perlambatan pertumbuhan pendapatan perusahaan jasa perdagangan.

Bloomberg melaporkan bulan lalu bahwa Scottrade yang berbasis di Town & Country, Missouri bekerja dengan penasihat investasi untuk menjajaki penjualan bisnis perusahaan.

Belakangan muncul rencana akuisisi Ameritrade Holding dan Toronto Dominion Bank terhadap Scottrade, seperti dikutip The St. Louis Business Journal. Akuisisi Scottrade bakal menambah jumlah konsolidasi tahun ini. Sepanjang tahun ini saja, nilai konsolidasi bisnis broker mencapai US$ 725 juta.

Salah satu konsolidasi datang dari pembelian Aperture New Holdings Inc, perusahaan induk dari platform berjangka dan opsi perdagangan OptionsHouse oleh E*Trade Financial Corp, Sementara itu, Ally Financial Inc mengakuisisi Tradeking Group Inc dengan nilai sebesar US$ 275 juta.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×