kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |

Ini pernyataan lengkap pengantar konferensi pers Mario Draghi ECB

Jumat, 15 Juni 2018 / 04:49 WIB

Ini pernyataan lengkap pengantar konferensi pers Mario Draghi ECB
ILUSTRASI. Mario Draghi

ECB. Pengantar Konferensi Pers.

Mario Draghi, President of the ECB,
Luis de Guindos, Vice-President of the ECB,
Riga, 14 June 2018

Hadirin sekalian, Wakil Presiden dan saya sangat senang menyambut Anda di konferensi pers kami. Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Deputi Gubernur Razmusa atas keramahannya yang baik dan mengucapkan terima kasih khusus kepada stafnya untuk organisasi yang sangat baik dari pertemuan Dewan Pemerintahan saat ini. Kami sekarang akan melaporkan hasil pertemuan kami.

Sejak dimulainya program pembelian aset kami (APP) pada bulan Januari 2015, Dewan Pengatur telah melakukan pembelian aset bersih di bawah APP bersyarat pada sejauh mana kemajuan menuju penyesuaian berkelanjutan dalam jalur inflasi ke tingkat di bawah, tetapi mendekati, 2 % dalam jangka menengah. Saat ini, Dewan Pengatur melakukan peninjauan yang teliti terhadap kemajuan yang dibuat, juga dengan mempertimbangkan proyeksi makroekonomi staf Eurosystem terbaru, pengukuran tekanan harga dan upah, dan ketidakpastian seputar prospek inflasi.

Sebagai hasil dari penilaian ini, Dewan Pengatur menyimpulkan bahwa kemajuan menuju penyesuaian yang berkelanjutan dalam inflasi sejauh ini telah substansial. Dengan ekspektasi inflasi jangka panjang baik berlabuh, kekuatan yang mendasari ekonomi wilayah euro dan terus banyak tingkat akomodasi moneter memberikan alasan untuk yakin bahwa konvergensi inflasi berkelanjutan menuju tujuan kami akan terus berlanjut di masa depan, dan akan dipertahankan bahkan setelah pengurangan bertahap pembelian aset bersih kami.

Dengan demikian, Dewan Pengatur hari ini membuat keputusan berikut:

Pertama, mengenai langkah-langkah kebijakan moneter non-standar, kami akan terus melakukan pembelian bersih di bawah APP pada laju bulanan saat ini sebesar € 30 miliar hingga akhir September 2018. Kami mengantisipasi bahwa, setelah September 2018, tergantung pada data yang masuk yang mengonfirmasi prospek inflasi jangka menengah kami, kami akan mengurangi laju bulanan pembelian aset bersih hingga € 15 miliar hingga akhir Desember 2018 dan kemudian mengakhiri pembelian bersih.

Kedua, kami bermaksud untuk mempertahankan kebijakan kami untuk menginvestasikan kembali pembayaran pokok dari sekuritas yang jatuh tempo yang dibeli berdasarkan APP untuk jangka waktu yang panjang setelah akhir pembelian aset bersih kami, dan dalam hal apapun selama diperlukan untuk mempertahankan kondisi likuiditas yang menguntungkan dan banyak sekali akomodasi moneter.

Ketiga, kami memutuskan untuk mempertahankan suku bunga utama ECB tidak berubah dan kami berharap suku bunga tetap pada tingkat saat ini setidaknya sampai musim panas 2019 dan dalam hal apapun selama diperlukan untuk memastikan bahwa evolusi inflasi tetap selaras dengan kondisi saat ini. harapan jalur penyesuaian berkelanjutan.

Keputusan kebijakan moneter saat ini mempertahankan tingkat akomodasi moneter saat ini yang akan memastikan konvergensi berkelanjutan dari inflasi ke tingkat yang di bawah, tetapi mendekati, 2% dalam jangka menengah. Stimulus kebijakan moneter yang signifikan masih diperlukan untuk mendukung peningkatan tekanan harga domestik dan mendorong perkembangan inflasi dalam jangka menengah. Dukungan ini akan terus disediakan oleh pembelian aset bersih hingga akhir tahun, dengan stok aset yang cukup besar dan reinvestasi terkait, dan oleh panduan maju kami pada suku bunga utama ECB. Bagaimanapun, Dewan Pengatur siap untuk menyesuaikan semua instrumennya secara tepat untuk memastikan bahwa inflasi terus bergerak menuju tujuan inflasi Dewan Pemerintahan dengan cara yang berkelanjutan.

Biarkan saya sekarang menjelaskan penilaian kami secara lebih rinci, dimulai dengan analisis ekonomi. Pertumbuhan PDB riil triwulanan dimoderasi menjadi 0,4% pada kuartal pertama 2018, menyusul pertumbuhan 0,7% pada kuartal sebelumnya. Moderasi ini mencerminkan tarik ulur dari tingkat pertumbuhan yang sangat tinggi pada tahun 2017, diperparah oleh peningkatan ketidakpastian dan beberapa faktor sementara dan sisi penawaran baik di tingkat domestik dan global, serta dorongan yang lebih lemah dari perdagangan eksternal. Indikator ekonomi dan hasil survei terbaru lebih lemah, tetapi tetap konsisten dengan pertumbuhan ekonomi solid dan luas yang berkelanjutan. Langkah kebijakan moneter kami, yang telah memfasilitasi proses deleveraging, terus mendukung permintaan domestik. Konsumsi swasta didukung oleh perolehan pekerjaan yang berkelanjutan, yang pada gilirannya, sebagian mencerminkan reformasi pasar tenaga kerja masa lalu, dan dengan pertumbuhan kekayaan rumah tangga. Investasi bisnis dipupuk oleh kondisi pembiayaan yang menguntungkan, meningkatnya profitabilitas perusahaan dan permintaan yang solid. Investasi perumahan tetap kuat. Selain itu, ekspansi berbasis luas permintaan global diperkirakan akan terus berlanjut, sehingga memberikan dorongan untuk ekspor kawasan euro.

Penilaian ini secara luas tercermin dalam proyeksi makroekonomi staf Eurosystem Juni 2018 untuk kawasan euro. Proyeksi ini memperkirakan GDP riil tahunan meningkat 2,1% pada 2018, 1,9% pada 2019 dan 1,7% pada 2020. Dibandingkan dengan proyeksi makroekonomi staf ECB Maret 2018, prospek pertumbuhan GDP riil telah direvisi turun untuk 2018 dan tetap tidak berubah untuk 2019 dan 2020.

Risiko seputar prospek pertumbuhan kawasan euro tetap seimbang secara luas. Namun demikian, ketidakpastian yang terkait dengan faktor global, termasuk ancaman proteksionisme yang meningkat, telah menjadi lebih menonjol. Selain itu, risiko gejolak pasar keuangan yang terus meningkat menuntut pemantauan.

Menurut perkiraan flash Eurostat, inflasi HICP tahunan zona euro meningkat menjadi 1,9% pada Mei 2018, dari 1,2% di bulan April. Ini mencerminkan kontribusi yang lebih tinggi dari inflasi harga energi, makanan, dan jasa. Atas dasar harga minyak berjangka saat ini, tingkat inflasi headline tahunan cenderung melayang di sekitar level saat ini untuk sisa tahun ini. Sementara langkah-langkah inflasi yang mendasari tetap umumnya diredam, mereka telah meningkat dari posisi terendah sebelumnya. Tekanan biaya domestik memperkuat di tengah tingginya tingkat utilisasi kapasitas, pengetatan pasar tenaga kerja dan kenaikan upah. Ketidakpastian seputar prospek inflasi surut. Ke depan, inflasi yang mendasari diperkirakan akan meningkat menjelang akhir tahun dan setelah itu untuk meningkatkan secara bertahap dalam jangka menengah, didukung oleh langkah-langkah kebijakan moneter kami, ekspansi ekonomi yang berkelanjutan, serapan serapan ekonomi yang relevan dan pertumbuhan upah yang meningkat.

Penilaian ini juga tercermin secara luas dalam proyeksi makroekonomi staf Eurosystem Juni 2013 untuk kawasan euro, yang memperkirakan inflasi tahunan HICP sebesar 1,7% pada 2018, 2019 dan 2020. Dibandingkan dengan proyeksi makroekonomi staf ECB Maret 2018, prospek inflasi HICP headline telah direvisi naik terutama untuk 2018 dan 2019, terutama mencerminkan harga minyak yang lebih tinggi.

Beralih ke analisis moneter, pertumbuhan uang luas (M3) mencapai 3,9% pada April 2018, setelah 3,7% pada bulan Maret dan 4,3% pada bulan Februari. Sementara momentum lambat dalam dinamika M3 selama beberapa bulan terakhir terutama mencerminkan pengurangan pembelian aset bersih bulanan sejak awal tahun, pertumbuhan M3 terus didukung oleh dampak dari langkah kebijakan moneter ECB dan biaya peluang rendah dari memegang kebanyakan endapan cair. Dengan demikian, agregat moneter yang sempit M1 tetap menjadi kontributor utama pertumbuhan uang yang luas, meskipun tingkat pertumbuhan tahunannya telah surut dalam beberapa bulan terakhir dari tingkat tinggi yang diamati sebelumnya.

Pemulihan dalam pertumbuhan pinjaman ke sektor swasta yang diamati sejak awal tahun 2014 sedang berjalan. Tingkat pertumbuhan pinjaman tahunan untuk perusahaan non-keuangan mencapai 3,3% pada April 2018, tidak berubah dari bulan sebelumnya, dan tingkat pertumbuhan tahunan pinjaman ke rumah tangga juga tetap stabil, sebesar 2,9%.

Pass-through dari langkah-langkah kebijakan moneter diberlakukan sejak Juni 2014 terus secara signifikan mendukung kondisi pinjaman untuk perusahaan dan rumah tangga dan aliran kredit di seluruh kawasan euro. Hal ini juga tercermin dalam hasil Survei terbaru tentang Akses ke Keuangan Perusahaan di kawasan euro, yang menunjukkan bahwa usaha kecil dan menengah diuntungkan dari peningkatan akses ke pembiayaan.

Singkatnya, pemeriksaan silang hasil analisis ekonomi dengan sinyal-sinyal yang berasal dari analisis moneter menegaskan bahwa keputusan kebijakan moneter saat ini akan memastikan banyak tingkat akomodasi moneter yang diperlukan untuk konvergensi berkelanjutan berkelanjutan inflasi terhadap tingkat yang berada di bawah , tetapi mendekati, 2% dalam jangka menengah.

Untuk memperoleh manfaat penuh dari langkah-langkah kebijakan moneter kami, bidang kebijakan lainnya harus berkontribusi lebih tegas untuk meningkatkan potensi pertumbuhan jangka panjang dan mengurangi kerentanan. Pelaksanaan reformasi struktural di negara-negara kawasan euro perlu secara substansial ditingkatkan untuk meningkatkan ketahanan, mengurangi pengangguran struktural dan meningkatkan produktivitas kawasan euro dan potensi pertumbuhan. Berkenaan dengan kebijakan fiskal, perluasan luas yang sedang berlangsung panggilan untuk membangun kembali buffer fiskal. Ini sangat penting di negara-negara di mana utang pemerintah tetap tinggi. Semua negara akan mendapat manfaat dari upaya intensifikasi untuk mencapai komposisi keuangan publik yang lebih ramah pertumbuhan. Penerapan Pakta Stabilitas dan Pertumbuhan yang utuh, transparan dan konsisten serta prosedur ketidakseimbangan ekonomi makro sepanjang waktu dan di seluruh negara tetap penting untuk meningkatkan ketahanan ekonomi kawasan euro. Meningkatkan fungsi Uni Ekonomi dan Moneter tetap menjadi prioritas. Dewan Pengatur mendesak langkah-langkah spesifik dan tegas untuk melengkapi serikat perbankan dan serikat pasar modal.


Sumber : ECB
Editor: Hasbi Maulana

EKONOMI EROPA

Tag
Komentar
TERBARU
KONTAN TV
Hubungi Kami
Redaksi : Gedung KONTAN,
Jalan Kebayoran Lama No. 1119 Jakarta 12210.
021 5357636/5328134
moderator[at]kontan.co.id
Epaper[at]kontan.co.id
Iklan : Gedung KOMPAS GRAMEDIA Unit 2
Lt 2 Jl. Palmerah selatan 22-28
Jakarta Selatan 10740.
021 53679909/5483008 ext 7304,7306
2018 © Kontan.co.id All rights reserved
Sitemap | Profile | Term of Use | Pedoman Pemberitaan Media Siber | Privacy Policy

diagnostic_api_kiri = 0.0004 || diagnostic_api_kanan = 0.0554 || diagnostic_web = 0.2158

Close [X]
×