: WIB    —   
indikator  I  

Jalan berliku memulai bisnis media di India (3)

Jalan berliku memulai bisnis media di India (3)

Memulai bisnis media di India sungguh bukan perkara gampang bagi Kalanithi Murasoli Maran. Investasi yang mahal menjadi salah satu kendalanya. Proposal kerjasama penyiaran juga sempat ditolak oleh beberapa pengusaha media. Toh, ia tak menyerah. Kalanithi tetap melanjutkan mimpi merajai bisnis media di India.  Setelah berjalan pun, bisnis media Kalanithi juga tak langsung berkibar. Butuh waktu lama bagi Sun Network Group hingga berkembang seperti sekarang.

Kalanithi Maran kini berstatus sebagai salah satu orang paling kaya di India. Berkat bisnis media yang dijalankan lewat Sun Network Group, kini ia mengantongi kekayaan pribadi yang ditaksir Forbes mencapai US$ 4,4 miliar.

Namun untuk mencapai kesuksesan ini bukan perkara mudah. Saat ingin mengadopsi sistem bisnis penyiaran yang ada di Amerika Serikat, berbagai tantangan bermunculan.

Saat hendak menjalankan bisnis televisi satelit, orang-orang sudah mulai mencibirnya. Bisnis ini dinilai tidak akan berhasil di kawasan Tamil Nadu karena akan membutuhkan biaya yang mahal. Dengan begitu, bisnis ini dinilai tak akan bertahan lama.

Begitu pula, saat Kalanithi ingin menjalankan bisnis stasiun radio. Sejumlah pihak menilai bisnis ini sudah ketinggalan zaman.

Namun, hal itu tak membuatnya berhenti. Kalanithi tetap mengejar cita-citanya menjalankan bisnis media. Salah satu langkah awal yang ia ambil adalah mencari pendanaan. Sejumlah bank ia datangi untuk mencari pinjaman guna memulai bisnisnya.

Upayanya berbuah hasil. Ia mendapatkan pinjaman sebesar US$ 86.000 guna memulai bisnis Sun TV. Untuk menambah modal, Kalanithi pun menjual saham yang ada di perusahaannya kepada beberapa sanak saudaranya.

Selanjutnya ia mencari orang-orang yang bisa diajak kerjasama. Kalanithi memulai dari lingkungan alumni universitasnya dulu. Akhirnya ia berhasil mengumpulkan 25 orang di dalam timnya untuk membangun Sun TV.

Setelah mendapatkan pendanaan dan orang-orang yang ia butuhkan, maka langkah selanjutnya adalah mendapatkan transponder. Yang pertama kali Kalanithi dekati adalah Subhash Cahandra, seorang pengusaha media yang beberapa waktu sebelumnya memulai bisnis Zee TV.


Reporter Tendi Mahadi
Editor Tri Adi

KALANITHI MURASOLI MARAN

Feedback   ↑ x
Close [X]