: WIB    --   
indikator  I  

Jepang dan Selandia Baru hidupkan kembali TPP

Jepang dan Selandia Baru hidupkan kembali TPP

TOKYO. Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe dan Perdana Menteri Selandia Baru Bill English akan bekerjasama untuk menghasilkan Trans Pacific Partnership (TPP) pasca Amerika Serikat (AS) membatalkan pakta perdagangan bebas. Kesepakatan TPP terjadi di Tokyo, Jepang.

Menteri dari Jepang dan Selandia Baru termasuk anggota pakta yang tersisa untuk menemukan cara menghidupkan kembali kesepakatan tersebut setelah Presiden AS Donald Trump menarik diri untuk melanjutkan perundingan bilateral.

"Kami akan mempertahankan kerjasama yang erat dan bertujuan mewujudkan TPP," kata Abe seperti yang dikutip Reuters, Rabu (17/5).

Selanjutnya, kedua negara sepakat untuk merombak aturan TPP sehingga bisa berlaku tanpa partisipasi negeri Paman Sam.

Agar TPP dapat diterapkan tanpa AS maka peraturan tersebut harus membatalkan peraturan yang mengharuskan ratifikasi oleh setidaknya enam negara yang menyumbang 85% dari produk domestik bruto (PDB) gabungan dari 12 negara anggota yang asli.

Menteri Keuangan Jepang Taro Aso menyampaikan, bahwa Jepang Tidak akan mengesampingkan opsi untuk menegosiasikan kesepakatan tersebut.

"Saya sangat senang bahwa Selandia Baru berdiri di samping Jepang, mengambil kesepakatan regional penting ini ke depan," ucapnya.


SUMBER : Reuters
Editor Hendra Gunawan

TRANS PACIFIC PARTNERSHIP / TPP

Feedback   ↑ x