: WIB    --   
indikator  I  

Kerja shift bisa membuat otak tumpul 6 tahun

Kerja shift bisa membuat otak tumpul 6 tahun

PARIS. Sejumlah ilmuwan memperingatkan bahwa bekerja dalam rotasi shift mengakibatkan penuaan dini pada otak dan tumpulnya kemampuan intelektual.

Penelitian yang dimuat dalam jurnal Occupational and Environmental Medicine menunjukkan bahwa orang yang bekerja dalam rotasi shift selama satu dekade akan memiliki usia otak yang lebih tua enam tahun.

Kemunduran performa otak ini bisa dipulihkan ketika orang tersebut berhenti bekerja shift, tapi butuh waktu lima tahun untuk bisa kembali normal. Para ahli mengatakan sejumlah temuan ini penting untuk menangani penyakit demensia, karena banyak pasien yang mempunyai masalah gangguan tidur.

Pada dasarnya, jam internal tubuh kita dirancang untuk aktif pada siang hari dan tidur di malam hari. Siklus ini akan terganggu jika orang bekerja dalam rotasi shift, dalam artian bekerja bergilir di pagi, siang, dan malam.

Tim di Universitas Swansea dan Universitas Toulouse ini meneliti tiga ribu orang di Prancis yang melakukan tes memori, kecepatan berpikir dan kemampuan kognitif. Secara alami otak akan mengalami penurunan seiring dengan bertambahnya usia, namun para peneliti mengatakan bekerja shift malam terbukti mempercepat proses penurunan itu.

Mereka yang bekerja shift malam lebih dari 10 tahun sama tuanya dengan seseorang yang berusia enam dan setengah tahun lebih tua. Selain menurunnya kemampuan otak, kerja shift juga sering dikaitkan dengan sejumlah penyakit mulai dari kanker payudara sampai obesitas.


SUMBER : BBC
Editor Uji Agung Santosa

BUDAYA KERJA

Feedback   ↑ x