: WIB    --   
indikator  I  

Lukisan Basquiat terjual ke Maezawa Rp 1,4 triliun

Lukisan Basquiat terjual ke Maezawa Rp 1,4 triliun

NEW YORK. Seorang pengusaha muda kaya raya asal Jepang membeli lukisan karya seniman Jean-Michel Basquiat seharga US$ 110,5 juta, dalam lelang di New York, Kamis malam (18/5).

Angka setara dengan Rp 1,48 triliun tersebut menjadikan lukisan Basquiat mencapai rekor harga lelang tertinggi di abad ke-20. Rekor itu tercapai berselang hampir 30 tahun setelah kematian Basquiat.

Karya tahun 1982 "Untitled" yang menggambarkan kepala mirip tengkorak menggunakan cat minyak, cat akrilik, dan semprotan di kanvas raksasa adalah bintang dari musim lelang di rumah lelang Sotheby, Mei ini.

Seperti diberitakan AFP, hingga Jumat (19/5) tercatat nilai transaksi di rumah lelang itu mencapai angka US$ 1 miliar.

Pihak Sotheby mengatakan, orang kaya Jepang bernama Yusaku Maezawa (41 tahun), yang membeli lukisan ini, adalah juga orang yang membeli karya Basquiat tahun lalu.

Pembelian lukisan potret seharga US$ 57,3 tahun lalu itu juga sempat mencatatkan rekor dunia. Berdasarkan data Sotheby, harga US$ 110,5 juta adalah rekor harga lelang tertinggi bagi karya seniman AS yang dibuat setelah tahun 1980.

Gemuruh dan tepuk tangan panjang mengiringi terjadinya penjualan tersebut. Capaian itu hampir dua kali lipat dari rekor lelang Basquiat sebelumnya, senilai US$ 57 juta.

"Ini adalah karya besar sebesar US$ 98 juta," ungkap pihak rumah lelang. Label seharga US$ 110,5 juta termasuk premi pembeli.

Basquiat adalah seniman kelahiran Brooklyn dari orangtua asal Haiti dan Puerto Riko. Dia meninggal di usia 27 tahun pada 1988, akibat over dosis. Kematian di usia relatif muda, membuat seniman ini hanya berkarya selama delapan tahun.

Dalam ajang lelang ini, "Untitled" memicu perang penawaran yang menegangkan selama 10 menit. Perang penawaran tak hanya terjadi di ruang tempat lelang, tapi pun melalui penawaran via telepon.

Akhirnya, Maezawa yang keluar sebagai pemenang setelah memberikan penawaran tertinggi melalui telepon.  Kanvas lukisan itu hampir tidak pernah terlihat di depan umum sejak dibeli pada tahun 1984 seharga US$ 19.000. 

Maezawa adalah pemilik perusahaan produk fesyen terbesar ketiga di Jepang bernama Start Today. Dia juga punya bisnis e-commerce terbesar di Jepang bernama ZozoTown.  Forbes menaksir kekayaan Maezawa per Mei 2017 mencapai US$ 3,6 miliar dan menjadi orang terkaya ke-14 di Jepang.  

Pihak Sotheby mengumumkan bahwa lukisan tersebut nantinya akan ditempatkan di sebuah museum yang berbasis di kota kelahiran Maezawa, Chiba, Jepang. Tercatat, rumah lelang Sotheby melepas karya-karya seni senilai US$ 319 juta, Kamis malam.  Sementara, kompetitor mereka, Christie, menjual US$ 448 juta, dengan versi penjualan yang sama.

(Glori K. Wadrianto)


SUMBER : Kompas.com
Editor Rizki Caturini

SOTHEBY'S

Feedback   ↑ x