: WIB    —   
indikator  I  

Melebarkan pasar via kemitraan produsen global (3)

Melebarkan pasar via kemitraan produsen global (3)

KONTAN.CO.ID - Horts Julius Pudwill merupakan tipikal pebisnis yang tidak mudah puas dengan kesuksesan yang didapatnya. Dia selalu mencari cara agar lebih bisa berkembang dari kondisinya saat ini. Di bawah bendera Techtronic Industried Co. Ltd., Pudwill telah berhasil mendapatkan kepercayaan dari produsen perkakas global untuk bekerjasama membuat produk. Bermula dari kegiatan ini, Pudwill mampu mengoleksi harta kekayaan sebesar US$ 2,4 miliar.

Horst Julius Pudwill kini menikmati statusnya sebagai salah satu orang terkaya di dunia. Lewat perusahaan yang ia dirikan, Techtronic Industries Co. Ltd. (Techtronic Industries), pria 72 tahun ini memiliki kekayaan pribadi US$ 2,4 miliar.

Sumber kekayaannya berasal dari bisnis perkakas. Mulai dari bisnis ekspor perkakas ke berbagai belahan dunia, selanjutnya dia mengembangkan lewat pembuatan komponen dan lalu menjadi perakit perkakas rumahtangga dengan sistem maklon.

Seiring berjalannya waktu, produk Techtronic Industries kian berkembang. Bersamaan dengan itu, Pudwill melihat tren bisnis properti di Hong Kong sedang tengah menggeliat, yang mengerek harga properti di sana. Akhirnya Pudwill lewat Techtronic Industries-nya memutuskan membeli tanah dan bangunan di sebuah area industri. Lahan itu sebagai alat investasi, guna menadah berkah dari lonjakan harga properti di Hong Kong.

Spekulasi Pudwill bersama Techtronic Industries tersebut berbuah manis. Hanya dalam tempo delapan belas bulan pasca lahan tersebut dibeli Techtronic Industries, harganya langsung melesat hingga 100%. Pudwill pun lantas merealisasikan keuntungan dengan menjual lahan tersebut dan uangnya dipakai guna memperluas kapasitas pabrik.

Di sisi lain, meski sudah bisa menarik perhatian produsen perkakas dari kawasan Asia, namun Pudwill masih kesulitan menembus pasar Amerika Serikat (AS). Kawasan AS masih dikuasai oleh produk buatan Amerika Utara dan Jepang. Sementara produk buatan kawasan China, termasuk yang diproduksi oleh Techtronic Industries,  masih dianggap sebelah mata.


Reporter Tendi Mahadi
Editor Tri Adi

HORST JULIUS PUDWILL

Feedback   ↑ x
Close [X]