kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Mendekati peternak, memangkas rantai distribusi (3)


Kamis, 09 Agustus 2018 / 15:54 WIB
Mendekati peternak, memangkas rantai distribusi (3)
ILUSTRASI. FENOMENA - RG Chandramogan


Reporter: Tendi Mahadi | Editor: Tri Adi

RG Chandramogan memiliki strategi inovatif dalam mengembangkan bisnis susu miliknya. Masalah rantai distribusi yang panjang di India yang menjadi momok para produsen dia coba selesaikan lewat strategi mendekati peternak. Dia mendirikan tempat penyimpanan susu segar di dekat peternakan untuk mengurangi biaya transportasi. Pria ini juga gencar mendekati peternak lewat pendampingan agar produksi susu para peternak lebih stabil.

Berawal dari berbagai keterbatasan, RG Chandramogan berhasil mengembangkan bisnis es krim yang ia bangun dari nol. Berbagai tantangan ia hadapi untuk dijadikan pelajaran. Setelah sempat mengalami stagnasi hingga sepuluh tahun, bisnis Chandramogan mulai menggeliat di akhir tahun 1980-an.

Untuk meningkatkan bisnis, ia mulai mendirikan badan usaha resmi di tahun 1986 dengan nama Hatsun Foods Private Limited. Namun meski mulai berhasil menjajaki bisnis yang lebih terarah, namun ia tak berhenti belajar. Banyak hal baru yang ia dapat untuk kemudian dipraktekkan di dalam Hatsun.

Salah satunya adalah memangkas rantai pasok yang bertele-tele. Bisnis susu dan produk turunannya di India punya tantangan yang serius, yakni rantai distribusi peternak dan produsen yang panjang. Produksi susu perah di India memang masih dijalankan dengan tradisional oleh para peternak. Karena itu volume produksi susu sapi perah pun tiap peternak terbilang sedikit.

Di samping itu, lokasi desa-desa penghasil susu pun amat tersebar. Hal itu membuat ongkos distribusi susu menjadi mahal. Produsen harus membayar harga yang tinggi untuk mendapatkan bahan baku susu.

Melihat hal ini, ia pun bereksperimen. Ia turun langsung ke para peternak dan memberikan pendampingan agar bisa meningkatkan kuantitas dan kualitas susu mereka. Di saat yang sama, ia mendirikan tempat penyimpanan susu segar di berbagai desa sebagai tempat para peternak tersebut menyetor stok susu tiap hari.




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×