kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Miliarder China bikin saingan Walt Disney


Sabtu, 27 Agustus 2016 / 09:45 WIB
Miliarder China bikin saingan Walt Disney


Reporter: Avanty Nurdiana | Editor: Adi Wikanto

Beijing. Orang terkaya China, Wang Jianlin tak henti berinvestasi. Kali ini, pemilik Dalian Wanda tersebut bakal membangun kawasan wisata dan kompleks olahraga di kota Jinan. Nilai investasi proyek itu sebesar CNY 63 miliar atau setara £ 7,15  miliar. 

Investasi itu akan digunakan untuk membangun theme park. Taman hiburan ini akan memiliki mal, fasilitas olahraga, dan juga hotel.

Andai sudah jadi, taman hiburan milik Jianlin ini akan menyaingi Walt Disney yang membuka theme park dan resor senilai US$ 5,5 miliar di Shanghai, China. Walt Disney membuka pusat hiburan tersebut pada bulan Juni 2016 lalu. 

Wanda dan Disney semula ingin berkongsi membangun theme park. Tapi, tak ada kecocokan. Alhasil, masing-masing membangun taman hiburan sendiri.

Jianlin kepada Reuters mengatakan, Wanda akan membangun setidaknya 20 kompleks pusat hiburan di China.  Proyek pertama akan dibangun di timur Jinan.

Wang menjelaskan, taman bermain ini akan menekankan pada kegiatan olahraga. Ini lantaran warga China sedang demam olahraga terutama sepakbola, hoki es hingga lari maraton.

Jianlin sendiri telah menginvestasikan dananya ke klub sepakbola dan media olahraga global.

Jianlin percaya diri berinvestasi besar di bisnis pariwisata lantaran bisnis ini tumbuh cukup pesat. Padahal, China tengah dihantui perlambatan ekonomi. 

Jianlin mengatakan, jumlah dana yang dibelanjakan untuk plesiran terus meningkat. Pasarnya di masa depan akan sekitar CNY 10 triliun dan bisa meningkat dua kali lipat dari ukuran saat ini. 

"Dengan potensi perbaikan ekonomi yang cukup tinggi dan pendapatan masyarakat yang terus mendaki, saya pikir bisnis pariwisata di masa depan bisa menjadi bisnis nomor satu," kata Jianlin.

Tahun ini Jianlin telah berinvestasi tanah sebesar CNY 16 miliar untuk pariwisata di China Barat Daya. 
Wanda juga berencana membuka bisnis pariwisata di Nanchang pada bulan Mei 2017.

Sementara itu, proyek theme park di Jinan diharapkan bisa mulai pada 2017 sehingga bisa mulai beroperasi pada tahun 2021.

Bloomberg menulis, proyek Wanda di Jinan berada di tanah seluas 290 hektare. Wanda akan membangun stadion hoki dan basket dengan kapasitas 10.000 kursi. 


Berita Terkait



TERBARU

[X]
×