: WIB    --   
indikator  I  

Perkuat pemasaran, gandeng bintang Bollywood (3)

Perkuat pemasaran, gandeng bintang Bollywood (3)

Joy Alukkas memang pebisnis yang pintar. Setelah bisnis perhiasan miliknya berkembang pesat di Uni Emirat Arab, dia kembali melancarkan ekspansinya, kali ini di negeri asalnya, India. Lewat sejumlah strategi pemasaran yang menarik, Joy mampu membuka puluhan toko perhiasan hanya dalam waktu beberapa tahun. Ekspansinya tak berhenti sampai di sana. Pria yang kini berusia 60 tahun itu, kini telah melebarkan sayap bisnisnya ke Eropa dan Amerika Serikat.

Joy Alukkas sukses menyerap warisan ilmu berbisnis perhiasan sang ayah. Kejelian serta kerja keras pria yang kini berusia 60 tahun itu, berhasil mengembangkan perusahaan miliknya sendiri lebih besar dari perusahaan keluarganya.

Pascabisnis keluarganya pecah kongsi di akhir 1990-an, Joy kian agresif berekspansi di Timur Tengah. Puluhan toko emas baru Joy buka di kawasan itu, sehingga menempatkan dia menjadi salah satu penguasa pasar perhiasan terbesar di Uni Emirat Arab.

Di saat yang bersamaan, kakaknya, Jos Alukkas, juga meraih sukses dibandingkan Alukkas bersaudara lainnya di India. Jos tercatat memiliki lusinan toko emas di India dan disebut-sebut sebagai kompetitor paling kuat bagi Joy, dalam keluarga Alukkas.

Melihat kesuksesan Joy di Uni Emirat Arab, Jos pun tertarik mengikuti langkah saudaranya. Jos lantas memasuki pasar Uni Emirat Arab dan membuka toko pertamanya di Abu Dhabi.

Mendengar aksi sang kakak, Joy justru melihat potensi bisnis di India. Ekspansi ke Abu Dhabi, akan membelah konsentrasi Jos.

Rencana ekspansi Joy, dengan toko perhiasannya yang bertajuk Joyalukkas ke India, sempat membuat saudaranya yang lain tercengang. Mereka menilai, pasar di India jauh lebih ketat dari Timur Tengah. Namun Joy tak mau  ambil pusing dan tetap melancarkan aksinya karena dia yakin daya beli warga India semakin besar lantaran ekonomi tumbuh pesat.

Joy menerapkan sejumlah strategi pemasaran yang sebelumnya dia terapkan di Timur Tengah. Ia menyebutnya "pengalaman Dubai" untuk memberi nilai lebih kepada konsumen di India. Salah satunya melalui gimmick (pemanis), semisal memberikan paket bulan madu bagi konsumen yang membeli emas dalam jumlah besar untuk pesta pernikahan.


Reporter Tendi Mahadi
Editor Tri Adi

JOY ALUKKAS

Feedback   ↑ x
Close [X]