: WIB    —   
indikator  I  

Qatar bangun food cluster

Qatar bangun food cluster

DOHA. Pasca pemutusan hubungan diplomatik dengan Arab Saudi, Qatar berencana membangun Food Cluster demi menjaga pasokan pangan.

Qatar akan menghabiskan dana sebesar 1,6 miliar riyal atau setara US$ 431 juta untuk membangun fasilitas pengolahan makanan dan penyimpanan. Food Cluster akan dibangun di dekat Hamad Port selama dua tahun.

Kluster tersebut akan menyimpan sejumlah kebutuhan pangan seperti gula, beras dan minyak goreng. Adapun pembangunan akan dilakukan oleh Al Jaber Engineering.

Menteri Transportasi dan Komunikasi Qatar, Jassim bin Saif al-Sulaiti menjelaskan, pembangunan kluster tersebut jauh sebelum adanya konflik di antara negara Arab. Sejak tahun lalu Pemerintah Qatar telah mengundang perusahaan untuk mengajukan penawaran pada proyek tersebut.

"Ini adalah pertama kalinya komoditas ini akan diolah di Qatar," kata al-Sulaiti seperti dikutip Bloomberg. Menurutnya, ketahanan pangan penting di Timur Tengah karena kurangnya hujan dan panas yang berlebihan membuat sulit menumbuhkan padi-padian dan mengembangkan peternakan.


Reporter Mona Tobing
Editor Sanny Cicilia

QATAR

Feedback   ↑ x
Close [X]