kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Rusia Gelar Serangan Udara Terbesar, Hacurkan Jaringan Listrik Ukraina


Kamis, 09 Mei 2024 / 06:25 WIB
Rusia Gelar Serangan Udara Terbesar, Hacurkan Jaringan Listrik Ukraina
ILUSTRASI. Ledakan drone terlihat di langit di atas kota selama serangan drone Rusia, di tengah serangan Rusia di Ukraina, di Kyiv, Ukraina 8 Mei 2023. REUTERS/Gleb Garanich


Sumber: Reuters | Editor: Syamsul Azhar

KONTAN.CO.ID -  KYIV - Rudal dan pesawat tak berawak Rusia menyerang hampir puluhan fasilitas infrastruktur energi Ukraina pada hari Rabu. Serangan ini menyebabkan kerusakan serius di tiga pembangkit listrik tenaga panas era Soviet dan pemadaman listrik di beberapa wilayah.

Angkatan udara Ukraina mengklaim, pihaknya telah menembak jatuh 39 dari 55 rudal dan 20 dari 21 drone penyerang yang digunakan untuk serangan tersebut. Namun serangan Rusia menambah tekanan lebih besar pada sistem energi lebih dari dua tahun setelah Rusia melancarkan invasi skala penuh.

Baca Juga: Rusia Ancam Serang Balik Inggris, Ini Gara-garanya

"Satu lagi serangan besar-besaran terhadap industri energi kita!" Menteri Energi German Galushchenko menulis di aplikasi Telegram.

Dua orang terluka di wilayah Kyiv dan satu orang terluka di wilayah Kirovohrad, kata Menteri Dalam Negeri Ihor Klymenko.

Galushchenko mengatakan fasilitas pembangkit listrik dan transmisi di wilayah Poltava, Kirovohrad, Zaporizhzhia, Lviv, Ivano-Frankivsk dan Vinnytsia menjadi sasaran.

Sekitar 350 penyelamat berlomba untuk meminimalkan kerusakan pada fasilitas energi, 30 rumah, kendaraan angkutan umum, mobil, dan stasiun pemadam kebakaran, kata kementerian dalam negeri.

Operator jaringan listrik nasional Ukrenergo mengatakan pihaknya terpaksa menerapkan pemadaman listrik di sembilan wilayah untuk konsumen dan akan memperluasnya secara nasional untuk bisnis selama jam sibuk malam hingga pukul 23.00. (2000 GMT).

Baca Juga: Rusia Intensifkan Serangan Udara ke Ibu Kota Ukraina

CEO Ukrenergo Volodymyr Kudrytskyi, yang diwawancarai oleh media Ukrainska Pravda, mengatakan impor listrik tidak akan menutupi kekurangan listrik. Dia mengatakan pembangkit listrik tenaga air juga terkena dampaknya, memperjelas pernyataan perusahaan sebelumnya yang tidak memasukkan pembangkit listrik tenaga air dari daftar fasilitas yang terkena dampak.

Pemadaman listrik bagi pengguna industri, katanya, “hampir bisa dipastikan” namun gangguan bagi pengguna domestik akan bergantung pada seberapa baik mereka mengurangi konsumsi.

“Banyak pembangkit listrik penting yang rusak,” katanya, mengutip tiga pembangkit listrik yang dioperasikan oleh DTEK, perusahaan swasta terbesar di Ukraina, serta dua pembangkit listrik tenaga air.

“Kerusakannya cukup besar. Ada hilangnya pembangkit listrik secara signifikan, begitu signifikan sehingga bahkan impor listrik dari Eropa tidak akan menutupi kekurangan yang terjadi pada sistem energi.”

Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan pihaknya menyerang kompleks industri militer dan fasilitas energi Ukraina sebagai pembalasan atas serangan Kyiv terhadap fasilitas energi Rusia.

“Sebagai akibat dari serangan tersebut, kemampuan Ukraina dalam menghasilkan produk militer, serta pengiriman senjata dan peralatan militer Barat ke jalur kontak, telah berkurang secara signifikan,” kata kementerian tersebut.

HUT PERANG DUNIA KEDUA

Presiden Volodymyr Zelenskiy mencatat serangan itu dilancarkan pada hari Ukraina menandai berakhirnya Perang Dunia Kedua.

“Beginilah cara Kremlin menandai berakhirnya Perang Dunia Kedua di Eropa, dengan serangan besar-besaran, yang berupaya mengganggu kehidupan rakyat kita dengan Nazismenya,” katanya dalam pidato video malamnya.

Dalam pidato online sebelumnya, Zelenskiy menyoroti apa yang dia katakan sebagai kemajuan terbatas yang dilakukan Barat dalam membatasi pendapatan energi Rusia dan beberapa negara yang menghadiri pelantikan Presiden Vladimir Putin untuk masa jabatan kelima di Kremlin pada hari Selasa.

Baca Juga: Ukraina Lumpuhkan Kilang Rusia dalam Serangan Skala Besar

Melawan Nazisme saat itu, katanya, adalah “ketika umat manusia bersatu, menentang Hitler, alih-alih membeli minyaknya dan datang ke pelantikannya”.

Ukraina telah meningkatkan serangan pesawat tak berawak terhadap kilang-kilang minyak Rusia tahun ini meskipun ada keberatan dari Amerika Serikat, dalam upaya untuk menemukan titik tekanan terhadap Kremlin yang pasukannya perlahan-lahan maju di wilayah timur Donbas.

Serangan Ukraina terhadap kilang-kilang Rusia mungkin telah mengganggu lebih dari 15% kapasitas penyulingan minyak Rusia, kata seorang pejabat aliansi militer NATO.

Setelah menggempur sistem energi pada musim dingin pertama perang, Rusia kembali melakukan serangan terhadap jaringan listrik pada bulan Maret ketika Ukraina mulai kehabisan stok rudal pertahanan udara Barat.

Baca Juga: Ukraina Sebut Rusia Mulai Mengalami Kerugian Besar Akibat Perang

Perdana Menteri Denys Shmyhal memperkirakan lebih dari 800 fasilitas pemanas telah rusak dan hingga 8 GW pembangkit listrik hilang sejauh ini, dan menambahkan bahwa pemerintah membutuhkan $1 miliar untuk mendanai pekerjaan perbaikan.

DTEK berjanji untuk terus berupaya memulihkan listrik di fasilitasnya, dan CEO-nya, Maxim Timchenko, meminta sekutu Ukraina untuk menyediakan lebih banyak sistem pertahanan udara.

Para pejabat tidak menyebutkan nama-nama fasilitas yang diserang pada hari Rabu, yang merupakan bagian dari kebijakan kerahasiaan masa perang yang menurut Kyiv diperlukan untuk mencegah Rusia menggunakan informasi tersebut untuk serangan lebih lanjut.

Namun Gubernur Lviv Maksym Kozytskyi mengatakan Rusia menyerang fasilitas penyimpanan gas alam di wilayahnya di bagian barat negara itu, lapor Radio Free Europe/Radio Liberty.

Di wilayah Poltava tengah, infrastruktur energi terkena serangan drone, kata Gubernur Daerah Poltava Filip Pronin.

Gubernur Vinnytsia dan Zaporizhzhia mengatakan fasilitas infrastruktur sipil penting rusak.

Selanjutnya: Inilah Penyebab Cuaca Panas di Indonesia Belakangan Ini, Ternyata Bukan Heatwave

Menarik Dibaca: 4 Tradisi yang Dilakukan Umat Kristiani saat Kenaikan Isa Al-Masih




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×