kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Shire sepakat membeli saham Baxalta US$ 32 miliar


Selasa, 12 Januari 2016 / 19:14 WIB
Shire sepakat membeli saham Baxalta US$ 32 miliar


Sumber: Reuters | Editor: Avanty Nurdiana

LONDON. Aksi merger dan akuisisi perusahaan yang bergerak farmasi merebak sejak awal tahun ini. Produsen obat Shire Plc telah menyepakati transaksi jual beli dengan pemegang saham Baxalta International Inc, Senin (11/1).

Nilai akuisisi Shire atas Baxalta mencapai US$ 32 miliar dalam bentuk kas dan saham. "Bersama-sama kami memiliki platform nomor satu dalam obat penyakit langka. Ini menjadi dasar kuat untuk pertumbuhan bisnis di masa depan," ujar Chief Executive Officer Shire, Flemming Ornskov seperti dikutip Reuters.

Pada transaksi ini, pemegang saham Baxalta akan mendapat uang tunai senilai US$ 18 per saham dan 0,1482 saham Shire untuk setiap satu saham Baxalta.

Jika menggunakan acuan itu, maka valuasi saham Baxalta sebesar US$ 45,57 per saham.  Valuasi tersebut lebih tinggi 37,5% dari harga saham Baxalta pada 3 Agustus 2015 sebelum Shire mengumumkan rencana akuisisi Baxalta.

Sebelum kesepakatan ini diteken, Shire awalnya hanya menawarkan transaksi dalam bentuk peralihan saham saja. Sebab ada kekhawatiran jika melibatkan uang tunai bisa menimbulkan beban pajak yang cukup besar.

Tapi, Ornskov menyakinkan bahwa beban pajak tersebut tidak terlalu besar. Sekedar informasi, untuk mendanai akuisisi tersebut, Shire telah menandatangani fasilitas pinjaman dengan nilai US$ 18 miliar.

Usai transaksi ini, kedua perusahaan berharap penjualan bakal tumbuh dobel digit. Bahkan pendapatan kedua perusahaan ini pada tahun 2020 diproyeksikan bisa mencapai US$ 20 miliar.

Namun, menurut John Boris, analis SunTrust Robinson Humphrey, banyak orang yang tidak suka dengan kesepakatan ini. Dia menilai, akan banyak tekanan bagi Shire untuk bisa mengerek pendapatan hingga mencapai target US$ 20 miliar di tahun 2020.

Analis UBS juga mengingatkan akan ada dilusi laba Shire dari tahun 2019 hingga 2023 dan baru akan meningkat secara bertahap pada 2024. Namun, karena markas akan dipindahkan ke Dublin, Irlandia, beban perusahaan gabungan ini nanti lebih ringan. Maklum, tarif pajak di Irlandia lebih rendah.

Dalam aksi merger dan akuisisi ini, Shire dibantu oleh Evercore, Morgan Stanley, Barclays dan Deutsche Bank. Sedangkan, Baxalta dibantu Goldman Sachs dan Citi.


Berita Terkait



TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×