: WIB    —   
indikator  I  

Sukses di sungai, Viking tertantang melaut (4)

Sukses di sungai, Viking tertantang melaut (4)

Ekspansi menjadi kata kunci untuk terus mengembangkan usaha. Hal tersebut dipahami benar oleh Torstein Hagen, pemilik usaha pelayaran Viking Cruises. Sukses berbisnis pelayaran wisata sungai, Hagen menjajal usaha pelayaran wisata laut pada tahun 2013. Lokasi tujuan pelayarannya berada di kawasan Selatan Eropa. Tidak seperti kebanyakan pemain pelayaran laut, Hagen mempersenjatai bisnisnya dengan kapal berukuran kecil yang siap menantang pemain besar.

Setelah 18 tahun memimpin di bisnis pelayaran wisata sungai, Torsein Hagen ingin mencoba mendiversifikasi usaha masuk pelayaran wisata laut. Bermodal keberanian, pada 2013, Hagen yang merupakan pendiri perusahaan pelayaran Viking Cruises itu, menjajal bisnis pelayaran laut di Selatan Eropa.

Pertimbangan Hagen masuk ke bisnis pelayaran laut ini tidak begitu saja muncul. Salah satu pertimbangannya adalah pengalaman ayah dua orang anak ini yang sudah malang melintang menakhodai dua perusahaa pelayaran laut, sejak umur 30-an.

Masuknya Hagen pada bisnis pelayaran laut, ditandai dengan berdirinya anak usaha Viking Cruises, yakni Viking Ocean Cruises pada tahun 2013. Bisnis pelayaran laut ini melengkapi Viking River Cruises yang telah lebih dulu ada.

Mengutip Telegraph.co.uk, terdapat tiga lokasi yang pertama kali dijajal Hagen dalam pelayaran laut, yang seluruhnya berada di selatan Eropa, yaitu laut Mediterania, Adriatic dan Baltic.

Dalam bisnis pelayaran laut, Hagen punya strategi memakai kapal yang tak terlalu besar untuk ukuran sebuah kapal pesiar laut. Kapal pesiar Viking Star yang menjadi portofolio awal Hagen, hanya berkapasitas 930 orang penumpang dengan bobot mati 48.000 ton.

Viking Ocean juga menyediakan lebih banyak waktu untuk menikmati pusat wisata, kala bersandar di pelabuhan. Hal ini merupakan sebagian diferensiasi Viking dengan kompetitor lain. Dalam bisnis pelayaran laut, Hagen berkeiinginan masyarakat kelas menengah bawah turut menikmati layanan Viking Cruises..


Reporter Galvan Yudistira
Editor Tri Adi

TORSTEIN HAGEN

Feedback   ↑ x
Close [X]