: WIB    --   
indikator  I  

Temp di tangan profesional, tak campur tangan (4)

Temp di tangan profesional, tak campur tangan (4)

Perkembangan bisnis Temp Holdings kian melaju. Perusahaan yang dimiliki Yoshiko Shinohara ini meraih laba sebesar US$ 4,5 miliar di tahun lalu. Laba tersebut meningkat 11% secara year-on-year (yoy). Padahal ekonomi Jepang sejak tahun lalu dalam kondisi yang stagnan. Tak hanya meningkatkan kinerja perusahaan, Yoshiko juga terus mengembangkan sayap bisnis ke beberapa belahan dunia. Kini jaringan kantor cabang Temp Holding sudah mencapai 508 kantor.

Kinerja Temp Holdings terus meningkat. Pertumbuhan kinerja tak lepas karena kerja keras yang dilakukan Yoshiko Shinohara, sebagai pemilik perusahaan. Bahkan saat ekonomi melambat, Temp Holdings pada tahun fiskal 2016 yang berakhir Maret 2017 mampu meraup laba konsolidasi senilai US$ 157 juta atau tumbuh 2,7% secara tahunan.

Laba meningkat lantaran pendapatan juga tumbuh lumayan.  Di periode sama, perusahaan outsourcing terbesar Jepang tersebut mencatatkan kenaikan pendapatan 14,4% menjadi US$ 5,22 miliar.

Kinerja positif Temp yang positif tersebut berandil menambah pundi harta Yoshiko dan menjadikannya wanita pertama asal Jepang yang sukses menjadi miliarder berkat usaha sendiri. Dia juga tercatat sebagai wanita terkaya ke 26 di Asia.

Temp Holdings sejak Juli 2016 mengusung brand perusahaan baru bernama PERSOL Group, sebuah grup korporasi yang bergerak di segmen kepegawaian. Beberapa perusahaan yang tergabung dalam PERSOL Group antara lain Intelligence Bussiness Solution, Ltd, Persol Research and Consulting Co Ltd, Intelligence Ltd dan Persol Research and Development Co.,Ltd.

Perusahaan baru tersebut sejauh ini telah menggandeng 93 perusahaan. Dari jumlah tersebut, 46 adalah perusahaan yang berdomisili di Jepang dan 47 sisanya tersebar di seluruh dunia.

Ekspansi Yoshiko yang cukup agresif terlihat dari jumlah kantor cabang Temp Holding yang telah tersebar di beberapa negara. Temp Holding memiliki 508 kantor cabang di seluruh dunia, dengan 437 cabang di Jepang.

Perkembangan bisnis Temp Holding tidak hanya karena kerja keras Yoshiko. Ada andil pula sepupu Yoshiko. Kerjasama mereka membuat Temp Holding menjadi perusahaan penyedia jasa outsourcing terbesar di Asia.


Reporter Laurensius Marshall Sautlan Sitanggang
Editor Tri Adi

YOSHIKO SHINOHARA

Feedback   ↑ x
Close [X]