kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45924,65   -6,71   -0.72%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tersangka utama Barcelona Moussa Oukabir tewas


Sabtu, 19 Agustus 2017 / 10:29 WIB
Tersangka utama Barcelona Moussa Oukabir tewas


Sumber: BBC | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - Tersangka utama serangan Barcelona, Moussa Oukabir, telah dinyatakan termasuk satu dari lima pria yang tewas oleh polisi di lokasi serangan berdarah lainnya, Cambrils.

Sebelumnya, kepolisian Spanyol mengatakan mereka tengah memburu Oukabir dan tiga orang lainnya. Sekarang, tinggal seorang lagi yang tengah diburu. Empat tersangka lain sudah ditahan.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, 13 orang dinyatakan tewas saat sebuah van -yang disewa Oukabir- menabrak kerumunan pejalan kaki di kawasan Ramblas, Barcelona.

Pihak kepolisian Spanyol mengatakan, para tersangka juga sudah merencanakan serangan yang lebih canggih. Diberitakan pula, ledakan di Alcanar pada Rabu lalu gagal, sehingga mereka merencanakan serangan dengan menggunakan kendaraan.

Oukabir, diprediksi baru berusia 17 tahun, merupakan warga Spanyol dari kota Catalan, Girona. Sementara, mayoritas tersangka lainnya merupakan warga Moroko.  

Oukabir diduga menggunakan dokumen abang laki-lakinya untuk menyewa van yang digunakan pada serangan Barcelona dan sebuah van lain ditemukan beberapa jam setelahnya di kota Vic, Barcelona utara. Van ini disiapkan untuk melarikan diri.

Di malam yang sama, polisi menembak mati lima penyerang, termasuk Oukabir, di kota dekat Cambrils setelah mereka mengemudikan mobil ke trotoar sehingga menewaskan satu wanita dan melukai enam orang.

Kendaraan penyerang akhirnya terbalik dan saat para penyerang keluar dari mobil, mereka langsung ditembak polisi. Satu orang penyerang dilaporkan memegang pisau.

Para penyerang disebut mengenakan sabuk peledak. Namun pihak kepolisian menyatakan sabuk tersebut palsu.

Pihak kepolisian juga menyatakan kepada media, bahwa Said Aallaa, 18 tahun, dan Mohamed Hychami, 24 tahun, yang fotonya disebar bersama Oukabir, dinyatakan tewas.

Sedangkan tersangka keempat bernama Younes Abouyaaqoub, 22 tahun, masih buron.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×