kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

The Fed: Ekonomi AS tumbuh antara April-Mei


Kamis, 04 Juni 2015 / 11:09 WIB
The Fed: Ekonomi AS tumbuh antara April-Mei
ILUSTRASI. Menteri BUMN Erick Thohir.


Sumber: BBC | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

NEW YORK. The Federal Reserve mengatakan perekonomian Amerika Serikat mengalami pertumbuhan pada periode April hingga Mei, rebound dari kuartal pertama yang mengalami kontraksi. Hal itu terungkap pada evaluasi ekonomi teranyar yang dilakukan the Fed.

Dalam evaluasi yang tertuang dalam Beige Book disebut, survei yang dilakukan di seluruh penjuru AS menunjukkan aktivitas perekonomian secara keseluruhan mengalami peningkatan.

"Outlook dari responden secara umum sangat optimistik," jelas the Fed.

Seperti yang diketahui, tingkat pertumbuhan ekonomi AS secara tidak terduga mengalami penurunan pada tiga bulan pertama tahun ini. Penyebab utama kontraksi tersebut disinyalir akibat cuaca dingin yang buruk.

Meski demikian, cuaca buruk yang dikombinasikan dengan penguatan dollar, mendorong Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD) mempertimbangkan untuk memangkas prediksi pertumbuhan AS pada Rabu (3/6).

Kenaikan suku bunga?

OECD saat ini memprediksi pertumbuhan ekonomi AS hanya akan tumbuh 2% di 2015 dan 2,8% pada tahun depan. Prediksi tersebut lebih rendah dari ramalan November sebesar 3,1% dan 3%.

The Fed mengatakan, aktivitas manufaktur secara umum terbilang stabil dan meningkat dalam dua bulan terakhir. Sementara, mayoritas negara bagian melaporkan adanya kenaikan pada anggaran belanja ritel dimana para pengusaha ritel memprediksi peningkatan penjualan yang berlangsung hingga akhir 2015.

Di luar itu, Beig Book juga menulis mengenai terpukulnya industri energi akibat anjloknya harga minyak dunia. Sebagai dampaknya, sejumlah perusahaan minyak memangkas jumlah karyawan dan membatasi aktivitas pengeboran mereka.

Sekadar tambahan informasi, Beige book merupakan rangkuman dari seluruh bisnis yang tersebar di AS. Data ini membantu the Fed untuk memutuskan kapan waktu yang tepat untuk menaikkan suku bunga acuan.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×