kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,96   -11,56   -1.24%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tianqi akuisisi SQM senilai US$ 4,3 miliar


Kamis, 17 Mei 2018 / 12:20 WIB
Tianqi akuisisi SQM senilai US$ 4,3 miliar
ILUSTRASI. Baterai ion Lithium untuk mobil listrik


Reporter: Avanty Nurdiana | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - HONG KONG. Perusahaan asal China, Litium Tianqi sepakat membeli 24% saham Sociedad Quimica Y Minera (SQM), salah satu produsen lithium terbesar di dunia. Menurut dua sumber Reuters, pembelian saham perusahaan asal Cile ini senilai US$ 4,3 miliar.

Saat ini, Tianqi sedang membangun prosesor lithium terbesar di Australia Barat. Tianqi akan mengakuisisi saham SQM dari perusahaan pupuk Kanada, Nutrien Ltd. Nutrien merupakan perusahaan gabungan dari Agrium dan Potash Corp of Saskatchewan.

Nutrien diwajibkan menjual sahamnya di SQM pada Maret 2019. Ini bagian janji dari Nutrien dengan regulator persaingan usaha Cile. Nutrien tercatat memiliki 30% saham SQM.

Saham B SQM yang lebih aktif diperdagangkan melompat 6,8% ke level tertinggi dalam empat bulan setelah rencana akuisisi itu muncul. Berdasarkan penutupan pasar pada Senin (14/5) nilai pasar SQM sebesar US$ 14,8 miliar.

Penawaran dari Tianqi atas SQM lebih tinggi 22% dari harga pasar produsen lithium tersebut.  Tianqi berambisi membeli SQM lantaran China secara agresif memproduksi dan menggunakan kendaraan listrik. Logam lithium sebagai bahan utama baterai yang dapat diisi ulang menjadi komoditas terpenting bagi Tianqi.

Hambatan dari regulator

Tetapi rencana pembelian saham SQM bisa mengundang hambatan. Pada Maret 2018 lalu, Cile meminta regulator anti-trust, FNE, untuk memblokir penjualan saham kepada perusahaan China. Alasannya penjualan akan mendistorsi pasar lithium global sehingga, China akan mendapat keuntungan yang tidak adil dan bisa mengamankan sumber daya paling strategis.

Perwakilan perdagangan China untuk Cile mengatakan kepada Reuters pekan lalu, China mencurigai negara-negara lain telah melobi Cile untuk memblokir rencana perusahaan China mengakuisisi saham SQM.

Meski belum ada kepastian dari regulator, Tianqi telah menyiapkan pendanaan. Tianqi berdiskusi dengan beberapa investor institusi dan bank untuk pembiayaan. Perusahaan ini berencana membiayai akuisisi dari utang bank, pinjaman mezzanine dan modal kerja.

Citic Group dan unitnya, China Citic Bank sedang mempertimbangkan menyediakan sebagian modal untuk akuisisi saham. "Kami tidak nyaman mengungkapkan rincian karena rahasia bisnis," tulis CITIC Bank dalam email.

Nutrien pada pekan lalu mengumumkan penjualan saham SQM pada akhir kuartal II 2018. Jika kesepakatan berjalan, Tianqi akan mendapat tiga kursi di dewan direksi SQM. Saat ini, SQM memiliki kapasitas produksi lithium karbonat tahunan sebanyak 48.000 ton di Cile dan akan diperluas hingga 70.000 ton pada pertengahan 2018 dan 100.000 ton pada 2019.

Tianqi membuat berbagai bahan baku untuk industri baterai. Proyek lithium di Australia menghasilkan lithium hard rock untuk diekspor ke China.




TERBARU

[X]
×