: WIB    --   
indikator  I  

VW mantapkan hati jual Ducati 1,5 miliar euro

VW mantapkan hati jual Ducati 1,5 miliar euro

KONTAN.CO.ID - Produsen mobil asal Jerman, Volkswagen (VW) mengumumkan bahwa harga jual anak usahanya Ducati dipatok senilai 1,5 miliar euro atau setara US$ 1,8 miliar.

Seperti dilansir dari Reuters pada Selasa (5/9), rencana lepasnya Ducati dari bendera VW ini dihadapkan pada kondisi konflik di serikat pekerja Jerman dan perpecahan internal di perusahaan.

Sekadar informasi, lisensi Ducati selama ini dipegang oleh merek kendaraan mewah VW Audi. Merek Ducati telah berusia 91 tahun. Penjualan lisensi merek sepeda motor yang berbasis berbasis di distrik Borgo Panigale di kota Bologna, Italia utara, perlu disetujui oleh dewan pengawas VW.

Pemimpin buruh di VW, yang memegang separuh kursi di dewan yang beranggotakan 20 orang tersebut, sangat menentang aksi korporasi ini. Terlepas dari persoalan harga lisensi yang dipatok oleh Manajemen VW.

Berdasarkan sumber yang diwawancarai Reuters, VW telah meminta kepada lima penawar yang ingin membeli bisnis Ducati untuk menunda membuat tawaran yang mengikat.

Alih-alih manajemen ingin agar dana dari penjualan bisnis tersebut siap untuk dijual pada bulan April guna membantu mengumpulkan uang tunai guna mendanai perombakan manajemen, menyusul skandal emisi produsen mobil terbesar di Eropa tersebut.

Keluarga Benetton asal Italia, perusahaan otomotif A. Polski dan mantan pemilik Ducati, Investindustrial, berhasil mencapai tahap terakhir dalam sebuah lelang di bulan Juli, bersama dengan dana ekuitas swasta Bain Capital dan Mitra PAI. Tawaran tersebut menaksir bisnis di 1,3 miliar euro sampai 1,5 miliar euro. Nilai ini 13 kali lipat dari pendapatan bersih Ducati yang hanya sekitar 100 juta euro.


Reporter Agung Hidayat
Editor Dessy Rosalina

PENJUALAN ASET

Feedback   ↑ x
Close [X]